1

Hii…1 dari 6 Pria Tidak Cuci Tangan Pakai Sabun Usai BAB di Kantor

Kabar6-Usai buang air besar (BAB) biasanya Anda akan segera mencuci tangan dengan memakai sabun di wastafel yang tersedia dalam toilet. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang melakukan hal tersebut.

Benarkah demikian? Survei yang dilakukan YouGov, melansir Wolipop, mengungkapkan bahwa satu dari enam pria tidak mencuci tangannya dengan benar setelah BAB di tempat kerja atau kantor. YouGov yang merupakan perusahaan riset dan konsultasi pasar ternama, mewawancarai responden dan menanyakan seberapa sering mereka cuci tangan setelah buang air kecil (BAK) atau BAB di rumah, kantor atau tempat umum lainnya.

Penelitian tambahan dilakukan pada responden pria untuk mengetahui apakah kebiasaan cuci tangan berbeda antara BAK sambil berdiri atau duduk.

Hasilnya, pria lebih malas membersihkan diri setelah menggunakan toilet ketimbang wanita. Sebanyak 18 persen wanita mengaku tidak cuci tangan setelah keluar dari toilet di kantor atau tempat umum. Jumlah ini jauh lebih kecil ketimbang pria. Penelitian menunjukkan, 30-32 persen pria tidak cuci tangan pakai sabun setelah BAK ataupun BAB.

Diketahui, cuci tangan memakai sabun penting untuk mencegah risiko penularan kuman maupun bakteri penyebab penyakit. Selain melindungi diri sendiri, kebiasaan baik ini juga melindungi orang lain ketika bersalaman atau berpegangan tangan. ** Baca juga: Penelitian Ungkapkan, Polusi Udara Terbukti Bikin Usia Paru-paru Berkurang 2 Tahun

Apakah Anda termasuk orang yang malas mencuci tangan dengan sabun usai BAK atau BAB?(ilj/bbs)