oleh

Hidup Sekira 125 Juta Tahun Lalu, Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Karnivora Terbesar di Inggris

Kabar6-Para pakar paleontologi menemukan tulang-tulang fosil di pantai berbatu Isle of Wight, Inggris, merupakan sisa-sisa dinosaurus pemakan daging yang mungkin lebih besar ketimbang dinosaurus lain yang diketahui berasal dari Eropa.

Berdasarkan catatan, binatang tersebut merupakan sepupu spesies dinosaurus karnivora terbesar. Para pakar paleontologi, melansir Timeslive, mengatakan bahwa mereka telah menemukan bagian dari kerangka dinosaurus yang hidup sekira 125 juta tahun lalu selama Periode Kapur. Penemuan tersebut termasuk tulang punggung, pinggul dan ekor, dan juga beberapa fragmen anggota badan, tetapi tidak ditemukan tengkorak atau gigi.

Berdasarkan sisa-sisa fosil tersebut, mereka memperkirakan bahwa dinosaurus yang ditemukan itu memiliki panjang yang melebihi 10 meter dan bahkan mungkin lebih panjang lagi. ** Baca juga: Konyol, Pasutri AS Tinggalkan Bayi dalam Mobil dan Berbelanja di Swalayan

“Ukuran spesimen itu sangat mengesankan. (Fosil) ini adalah salah satu predator darat terbesar, dan mungkin terbesar, yang pernah diketahui ditemukan di Eropa,” kata Chris Barker, mahasiswa doktoral Universitas Southampton.

Mereka menyimpulkan, fosil-fosil tersebut milik sekelompok dinosaurus yang disebut Spinosaurs, termasuk Spinosaurus, yang hidup sekira 95 juta tahun lalu dengan panjang sekira 15 meter. Spinosaurus dianggap sebagai pemangsa dinosaurus yang paling lama diketahui.

Diketahui, Isle of Wight telah menjadi salah satu tempat terkaya di Eropa, di mana ditemukan sisa-sisa dinosaurus. Tim peneliti yang sama tahun lalu mengumumkan penemuan dua spinosaurs Kapur Isle of Wight lainnya, keduanya berukuran panjang sekira sembilan meter.

Temuan-temuan itu tersebut jika digabungkan dengan temuan terbaru akan mengonfirmasi hipotesis mereka bahwa spinosaurus adalah sebuah asal kelompok dinosaurus dan terdiversifikasi di Eropa barat sebelum berkembang di tempat lain.(ilj/bbs)