oleh

Hidangan Khas Buka Puasa yang Selalu Ada Saat Ramadan di 5 Negara Ini

Kabar6-Selama Ramadan, ada banyak hidangan yang disajikan baik makanan berat, camilan, minuman, bahkan pencuci mulut. Dan tiap negara tentu saja memiliki hidangan khas yang selalu ada selama Ramadan.

Apa saja sih hidangan khas yang dimaksud? Melansir skyscanner, ini lima negara dengan hidangan khas mereka:

1. Iran
Fesenjan yang digemari di Irak, Iran, dan Persia ini bisa berasa manis maupun asam tergantung dari cara memasaknya. Secara tradisional, fesenjan dibuat dari bebek maupun ayam. Namun kini, fesenjan lebih dikenal terbuat dari sirup delima maupun kenari. Biasanya fesenjan disajikan dengan nasi putih atau kuning khas Persia.

2. Maroko
Harira adalah sup khas bulan Ramadan yang di dalamnya terdapat potongan daging (domba, ayam, maupun sapi), lentil, tomat, bawang, nasi, dan bumbu-bumbu seperti jahe, merica, seledri, dan peterseli.

3. India
Hyperabad Haleem adalah menu favorit berbuka puasa di India. Makanan ini menyerupai bubur gandum disertai dengan potongan daging domba. Pakora, adalah makanan favorit lainnya untuk berbuka. Pakora cenderung susah ditemukan di luar bulan Ramadan.

Pakora ini bentuknya seperti gorengan yang di dalamnya terdapat campuran dari bahan-bahan berikut antara lain bawang, brokoli, terong, kentang, bayam, tomat, dan kadang dengan roti maupun ayam.

4. Bangladesh
Mirip dengan Pakistan, samosa adalah makanan favorit ketika berbuka. Selain itu, Bangladesh juga mempunyai minuman favorit yang harus ada ketika berbuka yaitu rooh afza. Minuman ini berasal dari ekstrak buah, sayur, dan juga ramuan herbal.

5. Algeria
Lahm lhalou yang berarti daging manis ini adalah makanan yang sangat populer di Algeria, terutama ketika bulan Ramadan. Lahm lhalou biasanya dibuat dengan daging domba. ** Baca juga: 5 Negara dengan Cara Unik Bangunkan Orang Sahur

Apa hidangan khas di daerah Anda selama Ramadan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru