oleh

Hibah 70 Ribu Pelanggan Air, Ini Keuntungan PDAM Tirta Benteng

Kabar6-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Benteng (PDAM) seolah ketiban durian runtuh setelah menerima hibah aset 70 ribu pelanggan dari Perusahaan Umum Daerah Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR).

Banyak keuntungan yang diperoleh perusahaan pelat merah milik Pemerintah Kota Tangerang atas pelepasan aset Perumdam TKR tersebut, diantaranya bertambah pelanggan dan aset yang berdampak pada naiknya status dari kelas B ke A.

Direktur Umum PDAM TB, Doddy Effendi mengatakan, dengan adanya penambahan jumlah pelanggan PDAM TB secara otomatis akan naik peringkat dari semula berada di kelas B menjadi kelas A.

Namun, kenaikan kelas itu belum bisa dilakukan untuk saat sekarang, karena pelepasan puluhan ribu pelanggan itu dilakukan secara parsial selama 3,5 tahun.

“Saat ini belum bisa naik kelas. Nanti kalau 70 ribu pelanggan itu sudah rampung diserahkan, pasti secara otomatis naik kelas dari B ke A. Sekarang yang diserahkan baru 2 ribu pelanggan,” ungkap Doddy, kepada Kabar6.com.

Selain kenaikan kelas, kata Doddy, PDAM TB juga dipastikan akan menambah jumlah direksi, dewan pengawas dan pegawai.

Penambahan jumlah personel dilakukan selaras dengan bertambahnya kuantitas pelayanan.

“Jumlah pelanggan kami sekarang ini baru 60 ribuan. Jika 70 ribu pelanggan itu sudah benar- benar jadi milik kita, tentu mengikuti kebutuhan sesuai dengan kelasnya. Nanti, pasti akan ada penambahan direksi, dewan pengawas, pegawai dan lainnya,” ujar Doddy.

Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja (TKR) menghibahkan sebanyak 70 ribu pelanggan dan aset miliknya kepada PDAM Tirta Benteng.

Penyerahan atau pemindahtanganan puluhan ribu pelanggan dan aset yang berada di wilyaha Kota Tangerang itu akan dilakukan secara bertahap selama 3,5 tahun.

**Baca juga: Tangani 70 Ribu Pelanggan Hibah, PDAM TB Siapkan 170 Miliar.

Plt Direktur Utama Perumdam TKR, Sofyan Sapar mengatakan, terhitung mulai tanggal 1 April 2020, aset Perumdam TKR yang berada di Perumahan Duta Garden dan Perumahan Base Camp, telah diserahkan atau dipindahtangankan pelayanannya kepada PDAM TB Kota Tangerang.

Aset yang diserahkan berupa sambungan langganan beserta jaringannya. Penyerahan atau pemindahtanganan itu dimulai dengan penutupan aliran air dari Perumdam TKR dan pembukaan aliran dari PDAM TB, pada Selasa 31 Maret 2020 lalu. (Tim K6)

Berita Terbaru