oleh

Hewan Ini Hanya Ada Satu di Dunia

Kabar6-Beberapa jenis hewan langka yang ada di dunia, kini dilindungi oleh pemerintah agar spesiesnya tidak punah.

 

Biasanya jumlah mereka sangat terbatas, dan tidak semua negara memilikinya. Nah, berikut adalah hewan langka yang konon hanya ada satu di dunia, akibat perubahan cuaca/alam dan perbuatan manusia.

 

1. Lonesome George

Merupakan satu-satunya jenis kura-kura raksasa Pulau Pinta di Kepulauan Galapagos yang ditemukan masih hidup. Nama latinnya adalah Chelonoidis Nigra Abingdoni. Tidak seorang pun yang mengetahui usia Lonesome George. Namun para ilmuwan memperkirakan George berusia lebih dari 100 tahun.

 

Sebenarnya upaya untuk melestarikan spesies Lonesome George terus dilakukan sejak para ilmuwan menemukannya pada 1972 lalu. Sayang, semua upaya itu selalu menemui kegagalan.

 

Pada 2012, Lonesome George mati, dan pihak Taman Nasional Galapagos menyatakan segera melakukan penyelidikan atas kematian Lonesome George yang sudah menjadi maskot Galapagos. ** Baca juga: Tarif “Wow” PSK yang Pernah Ada

 

2. Sudan

Merupakan nama Badak Putih Utara atau Ceratotherium Simum Cottoni jantan satu-satunya yang masih hidup. Karena itulah tidak heran jika badak kini dijaga ketat selama 24 jam.

 

Para ranger bersenjata bahkan mempertaruhkan nyawa mereka di Cagar Alam Ol Pojeta, Kenya, untuk melindungi Sudan yang culanya pun harus dipotong demi keamanannya, agar tidak menjadi sasaran para pemburu.

 

Pada 2009, Sudan dipindahkan dari kebun binatang Republik Ceko ke Ol Pojeta yang memiliki spesialisasi untuk konservasi badak. Cagar alam itu dipilih karena sukses dengan program pengembangbiakan badak hitam.

 

Menurut data WWF, setengah abad lalu masih ada 2.000 badak putih. Namun pada 1984 hanya tersisa 15 ekor yang semuanya terdapat di Kongo.

 

Para ahli berhasil mengembangbiakan badak putih hingga menjadi lebih dari 30 ekor dalam waktu kurang dari 10 tahun. Namun perburuan meningkat dan badak di cagar alam hilang seluruhnya.

 

Upaya menjaga Sudan pun sangat sulit. Sebanyak 40 ranger bertugas menjaga keselamatan Sudan, dengan biaya mencapai sekitar Rp1,4 miliar untuk enam bulan.

 

Demi kelestarian hewan di Bumi ini, Anda pun memiliki andil untuk ikut serta menjaga agar tidak cepat punah. (ilj)

Berita Terbaru