oleh

Hendak Menanam Pohon, Petani Palestina Temukan Mosaik Kuno dari Era Bizantium di Jalur Gaza

Kabar6-Saat hendak mencoba menanam pohon zaitun di tanah miliknya yang terletak di Jalur Gaza, seorang petani Palestina bernama Salman al-Nabahin menemukan mosaik lantai Bizantium berornamen.

Nabahin, melansir msn, mengatakan bahwa dia dan putranya sedang menggali tanah ketika mereka menemukan relik tersebut. Kemudian, mereka menemukan beberapa bagian lagi yang menggambarkan binatang dan burung berwarna-warni. Para ahli menyebutnya sebagai salah satu harta arkeologi terbesar yang pernah ditemukan di Jalur Gaza.

Setelah mencari tahu lewat internet, petani itu menyadari ternyata mosaik tersebut milik era Bizantium. Diketahui, kekaisaran Bizantium adalah bagian timur Kekaisaran Romawi, yang dapat ditelusuri kembali ke 330 M, dan bertahan selama lebih dari seribu tahun.

“Saya melihatnya sebagai harta karun, lebih berharga daripada harta karun. Ini adalah warisan Palestina,” kata Nabahim. ** Baca juga: Petani di India Potong Lidah Miliknya di Kuil untuk Persembahan Dewa

Arkeolog René Elter, dari Sekolah Alkitab dan Arkeologi Prancis di Yerusalem mengungkapkan, mosaik itu ‘luar biasa’. “Ini adalah lantai mosaik terindah yang ditemukan di Gaza, baik dari segi kualitas representasi grafis maupun kompleksitas geometrinya,” terangnya. “Belum pernah ada lantai mosaik sebagus ini, ketepatan dalam grafis dan kekayaan warna telah ditemukan di Jalur Gaza.”

Sementara itu Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina mengatakan, para ahli internasional dibawa untuk menyelesaikan penggalian situs tersebut. Diketahui, Jalur Gaza pernah menjadi rute perdagangan yang ramai sepanjang peradaban, sehingga tak heran jika wilayah itu kaya dengan barang antik.(ilj/bbs)