oleh

Heboh Ikan Mas ‘Raksasa’ di Situ Hiyang Cikamunding Lebak, Warga Anggap Berkah

Kabar6-Seekor ikan mas raksasa berukuran hampir 1 meter muncul di Situ Hiyang Cikamunding, Kampung Tarikolot, Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak.

Sebelum ditangkap, ikan seberat 15 kilogram tersebut jadi tontonan warga lantaran sering muncul ke permukaan di situ yang sudah ada sejak tahun 90-an.

“Tahun lalu juga ada tapi beratnya hanya sekitar 12 kilogram. Kalau yang ini beratnya sama seperti yang ditemukan di Danau Toba, Sumatera Utara,” kata Kepala Desa Cikamunding, Yayan Hendayana kepada Kabar6.com, Minggu (9/1/2022).

Ikan mas itu ditangkap warga menggunakan tangan kosong di pinggir situ. Sepertinya kata Hendayana, karena sudah tua, kondisi ikan tersebut lelah dan hampir mati.

**Baca juga: PKS Lebak Gembleng Kader Lewat LPK dan Kembara

Menurut dia, tidak ada yang mengaitkan kemunculan ikan mas berukuran tak wajar itu dengan mitos apalagi mistis. Hanya warga menganggap, ikan mas itu sebagai berkah dan kemakmuran masyarakat Desa Cikamunding.

“Enggak begitu, hanya dianggap ini sebagai berkah saja. Ikan lalu dimasak, tapi banyak warga yang enggak mau makan karena enggak tega,” tuturnya.(Nda)

Berita Terbaru