oleh

Hava, Nenek yang Gunakan Lidah Untuk Sembuhkan Orang Buta

Hava Celebic saat mengobati pasiennya.(metro.co.uk)
Hava Celebic saat mengobati pasiennya.(metro.co.uk)

Kabar6-Ada banyak pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit. Salah satunya seperti yang dilakukan seorang nenek bernama Hava Celebic atau Nana Hava (80). Hal yang unik, bukan melalui ramuan atau mantera, pengobatan tersebut dengan memanfaatkan ‘kesaktian’ lidahnya.

Wanita yang tinggal di pedesaan Bosnia dan Herzegovina ini, dikutip dari dream.co.id, mengklaim sebagai satu-satunya orang di dunia yang bisa menyembuhkan penyakit dengan lidahnya.

Nana Hava menggunakan lidahnya untuk mengambil potongan timah, besi, batu bara, serbuk gergaji, dan kaca, dari bola mata pasiennya setelah dia berkumur dengan alkohol.

Hava Celebic. (metro.co.uk)
Hava Celebic. (metro.co.uk)

Saat proses pengobatan, pasien menyodorkan matanya yang bermasalah kepada Nana Hava, yang kemudian menjilatinya. Diakui Nana Hava, kemampuan itu didapat dari seorang wanita yang juga bernama Hava.

“Sayangnya saya tidak bisa menurunkannya kepada anak-cucu karena mereka merasa jijik jika harus mengobati orang dengan cara menjilat mata,” kata Nana Hava. ** Baca juga: Tiga Kenyamanan Tinggal di Luxembourg yang Bikin Iri

Nenek itu mengklaim telah menyembuhkan sekira 5.000 orang dari berbagai kebangsaan, mulai Amerika hingga Rusia. “Ada banyak kasus pengobatan modern tidak mampu menyembuhkan. Mereka datang dari rumah sakit dengan mata bengkak. Saya bersihkan mereka dan mereka sembuh,” kata Nana Hava.

Meskipun tidak menarik biaya bagi pasien kurang mampu, banyak juga pasien yang memberikan imbalan. “Tapi biasanya, saya menarik biaya 10 Euro untuk jasa saya,” kata Nana.

Cara mengobati yang unik ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru