oleh

Hati-hati, Semprotkan Disinfektan ke Seluruh Tubuh Bisa Bahayakan Kesehatan

Kabar6-Saat ini sudah banyak terdapat bilik disinfektan, baik yang disediakan oleh pemerintah setempat maupun sumbangan dari masyarakat. Cara penyemprotannya pun bermacam-macam, ada yang secara mandiri atau masuk ke kotak sebelum masuk ruangan.

Meskipun merupakan salah satu cara untuk menghindari penularan COVID-19, di satu sisi muncul pertanyaan, apakah disinfektan boleh disemprotkan ke sekujur tubuh manusia? Melansir Okezone, penyemprotan disinfektan pada tubuh manusia kemungkinan memiliki dampak negatif.

Rekomendasi yang diberikan oleh WHO adalah disinfektan dan kebersihan lingkungan, bukan disinfeksi pada orang secara langsung. Selain itu, penyemprotan disinfektan terlalu sering bisa menyebabkan pencemaran lingkungan dan harus dihindari.

Menyemprot alkohol atau klorin disebutkan tidak akan menghilangkan virus yang sudah masuk ke tubuh. Penyemprotan alkohol atau klorin berbahaya untuk mukosa mulut, hidung dan mata.

Sebaiknya, bahan ini digunakan untuk membersihkan permukaan peralatan benda-benda rumah tangga atau kantor yang rentan menjadi salah satu media sumber penularan.

Disebutkan, virus bisa tertular langsung dari orang yang bicara keras, batuk atau bersin di depan kita dalam jarak satu meter. ** Baca juga: Tidak Asal Cuci Tangan, Ada 7 Hal yang Harus Diperhatikan

Selain itu, secara tidak langsung jika droplet (percikan cairan tubuh yang keluar saat bersin atau batuk) yang mengandung virus tersebut jatuh ke meja, sakelar lampu, gagang telepon, gagang pintu atau, atau lokasi yang biasa disentuh orang, maka hal ini juga bisa jadi sumber penularan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru