oleh

Hati-hati, Mukbang Bisa Bahayakan Kesehatan

Kabar6-Mukbang adalah mode yang dimulai di Korea Selatan, di mana orang-orang memfilmkan atau menyiarkan diri mereka saat sedang makan, seringkali dalam jumlah besar. Mukbang dapat dianggap sebagai ‘pertunjukan makan’.

Mukbang tentunya bukan hanya sekadar siaran langsung maupun rekaman video yang memperlihatkan orang makan dengan porsi besar. Mukbang memberikan pengaruh bagi para pelaku dan penontonnya.

Namun di sisi lain, tren ini tentunya memberikan pengaruh yang mungkin berbahaya pada pelaku dan juga penontonnya. Tetapi, bahaya atau tidaknya itu relatif. Melansir doktersehat, berikut adalah beberapa bahaya yang sering dikaitkan dengan mukbang:

1. Binge eating
Selama ini mukbang banyak dikaitkan dengan sebuah gangguan makan yang disebut sebagai binge eating, yaitu gangguan yang menyebabkan konsumsi makanan secara berlebihan tanpa bisa dikontrol. Meskipun sering dikaitkan dengan binge eating, hingga kini belum ditemukan pelaku mukbang yang mengalami gangguan ini.

2. Obesitas
Jika tidak ditangani dengan baik, binge eating dapat memicu obesitas yang juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti stroke, serangan jantung, kolesterol, dan risiko penyakit lainnya.

Selain porsi makanan yang tidak wajar, makanan yang dimakan ketika mukbang juga seringkali bukan makanan sehat, bahkan kerap merupakan junk food.

3. Masalah pencernaan
Ketika lambung diberikan asupan makanan yang berlebihan, tentunya sistem pencernaan juga harus bekerja lebih keras untuk mengolah makanan tersebut.

Makan dengan porsi yang melebihi kapasitas pencernaan kita akan dapat menyebabkan iritasi lambung, naiknya gula darah, hingga terganggunya metabolisme tubuh.

Bahaya mukbang tersebut dapat menyerang pelaku maupun penontonnya, tapi tentunya yang lebih berisiko adalah penonton. Banyak orang yang menyatakan bahwa menonton mukbang dapat meningkatkan nafsu makan.

Orang yang menontonnya bahkan dapat berpotensi untuk mencoba makan dengan porsi besar tanpa melihat fakta bagaimana cara pelaku mukbang dapat menjaga kesehatan dan berat tubuh meskipun melakukannya secara rutin.

Lantas, bagaimana tips mukbang yang aman? Cara makan ini boleh dilakukan asalkan memperhatikan beberapa tips untuk menghindari bahayanya. Apa saja tips yang dimaksud:

1. Waktu
Jangan dilakukan setiap hari dan lebih baik tidak dilakukan lebih dari satu kali seminggu.

2. Rajin olahraga
Seimbangkan dengan olahraga, kalori yang dibakar harus seimbang dengan yang dibakar, jika Anda ingin mempertahankan berat badan.

3. Pilih makanan sehat
Hindari junk food, lebih baik memilih makanan yang bernutrisi. ** Baca juga: Agar Tak Terinfeksi COVID-19, Hindari Meminjamkan 5 Benda Ini

4. Perhatikan kesehatan pencernaan
Jangan memaksakan diri untuk melakukannya jika sistem pencernaan tidak mendukung, setiap orang memiliki kapasitas pencernaan yang berbeda-beda.

Penasaran mencoba mukbang? (ilj/bbs)

Berita Terbaru