Hasudungan Damanik: Polisi Harus Dekat Dengan Masyarakat

Kapolsek Ciputat yang Baru, Kompol H. Damanik saat memberikan sambutan dalam acara lepoas sambut.(mg)

Kabar6-Polisi ada ditengah masyarakat dan dekat dengan masyarakat. Begitulah program yang digagas Kompol Hasudungan Damanik SH, sejak menjabat sebagai Kapolsek di ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Jadi, tak heran bila mantan Kasubag Bin Ops Polres Jakarta Selatan ini, acap terlihat membaur bersama warga dan menyambangi tokoh masyarakat dan agama yang ada di wilayah Kecamatan Ciputat.

Menurutnya, bisa mengenal dan membaur bersama warga, merupakan langkah paling efektif untuk mengantisipasi sekaligus menekan tingkat kriminalitas. 

“Makanya, anggota saya minta untuk turun ke lapangan dan dekat masyarakat,” ujar Hasudungan yang ingin selalu memberikan contoh baik kepada seluruh anggotanya.

Hebatnya, meski punya kesibukan segudang sebagai Kapolsek, namun pria kelahiran Kabupaten Simalungun, sumatera Utara, 9 September 2962 ini kiranya juga tak pernah absen dalam berolah raga.

Baginya, olahraga merupakan obat paling mujarab dalam mengusir stres sekaligus menjaga stamina tubuh. “Saya sukanya main volley. Tapi juga suka main catur,” ujar suami dari S Sidabutar Spd itu lagi.

Untuk diketahui, Kompol Hasudungan sedianya mengenyam pendidikan Bintara Kepolisian di Sekolah Polisi Negara (SPN) Lido, Sukabumi, Jawa Barat lulus tahun 1984.

Dinas perdananya bergabung dengan Satuan Shabara di Polda Metro Jaya, kemudian berpindah tugas ke Polres Jakarta Selatan dari Tahun 1985 sampai 1996.

Pada tahun 1997, Hasudungan lulus Secapa Polri dan bertugas sebagai Anggota Brimob sampai tahun 2006 dan sempat ditugaskan selama tujuh bulan di Aceh.(cep)