oleh

Hasil Survei Disangsikan, Ini Jawaban Demokrat Banten

Kabar6-DPD Partai Demokrat Provinsi Banten mengklaim hasil survei yang dikeluarkannya berdasarkan hasil dan kondisi real di lapangan. Hasil survei tersebut menyebutkan bahwa pasangan Capres dan Cawapres pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiga Uno lebih unggul dari Capres dan Cawapres nomor urur 1, Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk wilayah Provinsi Banten.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Banten, Eko Susilo mengatakan hasil survei internal yang sebelumnya pernah dirilis itu telah benar apa adanya, sesuai dengan kondiai di lapangan. Proses survei yang dilakukan di lapangan menurut Eko dilakukan oleh lembaga independen Voxpol Centre, bukan Demokrat.

Dengan begitu, kata dia, hasil survei yang dikeluarkan Demokrat Banten, tidak perlu diragukan kebenarannya, karena dilakukan oleh lembaga yang betul-betul independen atau terbebas dari kepentingan apapun.

“Survei itu dilakukan oleh lembaga Voxpol Centre, bukan Demokrat. Lembaga lain yang benar-benar independen. Coba dibuktikan di lapangan, kalau ditanya banyak yang menyebutkan pilihannya jatuh pada pasangan nomor urut dua, pak prabowo,” katanya, kepada Kabar6, Jumat (22/3/2019).

Lebih jauh, Eko mengatakan, hasil survei yang sebelumnya pernah dikeluarkannya itu juga telah memenuhi standar, bahkan lebih. Survei dilakukan kepada 2.500 responden, melebihi standar yang hanya berjumlah 2.300 responden saja. Dengan begitu, hasil survei telah memenuhi syarat, bahkan lebih.

“Survey dilakukan sampai 2.500 responden, tersebar se-Provinsi Banten. Angka itu telah melebihi ketentun, yang hanya berjumlah 2.300 responden saja. Dan saya pastikan ini lembanga benar-benar independen, tidak ada kepentingan apapun,” katanya.**Baca Juga: Deklarasi Kampanye Pemilu Damai, Begini Kata Walikota Tangerang.

Eko meyakini hasil survei yang dilakukan oleh lembaga dari luar negeri adalah benar, selain margin of error atau kesalahan hasil survei juga sangat kecil, hanya dua persen. Untuk metodenya sendiri dilakukan dengan sistem multistage random.(Den)

Berita Terbaru