Hasil Studi Sebutkan, Punya Banyak Teman di Medsos Berisiko Tinggi Alami Gangguan Kesehatan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang memiliki ratusan bahkan ribuan teman di media sosial seperti Facebook? Apakah hal itu menguntungkan, atau sebaliknya justru merugikan?

Para peneliti dari Regis University, melansir her.ie, menyebutkan bahwa orang yang memiliki banyak teman di Facebook berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan, khususnya gangguan pernapasan. Peneliti mendata sebanyak 89 mahasiswa. Pada tahap awal mereka diminta untuk mengisi survei soal kebiasaan menggunakan Facebook dan bagaimana menjalani kehidupan media sosialnya. Selanjutnya, selama 10 minggu semua mahasiswa tersebut dimonitor kondisi tubuh dan aktivitasnya di dunia maya.

Hasilnya, ditemukan bahwa orang-orang yang punya kecemasan terkait penggunaan Facebook (Facebook-anxiety), misalnya seperti dibuat gelisah karena ada seseorang yang tak kunjung menerima permintaan pertemanannya, berisiko tinggi gampang jatuh sakit.

“Pengguna yang menunjukkan rasa gelisah terkait penggunaan Facebook cenderung memperlihatkan pola peningkatan jumlah aktivitas masuk ke Facebook,” urai peneliti. Perilaku yang menimbulkan rasa gelisah ini pun bisa menimbulkan gangguan kesehatan. ** Baca juga: Pusar Berbau Tak Sedap, Ketahui Penyebabnya

Karena itulah disarankan sudah saatnya Anda lebih bijak menggunakan media sosial. Atau jika perlu menghapus sebagian orang yang tak dikenal di Facebook agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan.(ilj/bbs)