oleh

Harnaam Kaur, Wanita Berjenggot & Tidak Alami Haid

Harnaam Kaur.(bbs)
Harnaam Kaur.(bbs)

Kabar6-Wanita normal pada umumnya mengalami siklus bulanan atau menstruasi. Namun hal ini tidak pernah dialami oleh Harnaam Kaur. Tak hanya itu, wanita muda ini pun mengalami kondisi yang menyebabkan rambut dan bulu pada tubuhnya tumbuh dengan lebat, termasuk memiliki jenggot layaknya kaum pria.

Harnaam Kaur, dikutip dari female.kompas.com, rupanya menderita polycystic ovary syndrome (PCOS), yaitu masalah kesehatan yang kompleks dan terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.

Namun kondisi tersebut tidak membuar Kaur minder. Wanita yang tinggal di London, Inggris, ini telah tampil dalam berbagai wawancara dan media sosial tentang perjuangannya menghadapi cemoohan.

Kini, dengan menjadi seorang aktivis, Kaur belajar untuk menerima kondisinya dan membantu orang lain untuk melakukan hal serupa.

“Kamu akan tumbuh menjadi wanita muda yang menakjubkan yang akan menggoyangkan standar masyarakat normal terhadap kecantikan. Kamu akan tumbuh menjadi seorang aktivis dan tumbuh dewasa untuk membantu pria dan wanita di seluruh dunia. Kecintaanmu terhadap diri sendiri, kecantikanmu, dan kepercayaan dirimu akan membantu memberdayakan masyarakat untuk mencintai dirinya sendiri yang unik,” tulis Kaur.

Menurut laporan National Institute of Health, PCOS seperti yang dialami Kaur adalah kondisi langka yang hanya terjadi pada lima sampai 10 persen wanita, berusia antara 18 hingga 44 tahun. ** Baca juga: Hiiks, Anjing ini Setia Menunggu Saudaranya yang Hilang

Kondisi ini adalah kondisi di mana wanita memiliki kadar hormon pria yang tinggi dan dapat menyebabkan tidak teratur atau hilangnya siklus menstruasi, kista pada rahim, serta tumbuhnya rambut dan bulu secara berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru