oleh

Hari Sumpah Pemuda, Danrem Sebut Upacara Bendera Pertama di Sungai

Kabar6-Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Peringatan Sumpah Pemuda di Kota Tangerang kali ini menggelar Apel Kebangsaan di Sungai Cisadane, kawasan Banksasuci, Kota Tangerang, Kamis (28/10/2021).

Dalam Apel Kebangsaan tersebut dipimpin langsung oleh Danrem 052 Wijayakrama, Brigjen TNI Rano Maxim Adolf Tilaar. Apel itupun turut dihadiri oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Perwakilan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Brigjen Rano mengatakan sangat mengapresiasi dan merasa terkagum-kagum upacara di pengibaran bendera di Sungai Cisadane. Ia mengaku sebagai mantan paskibra nasional yang pernah mengibarkan bendera di Istana Negara bahkan jadi pembentangan bendara tahun 1987.

“Tapi hari ini saya betul-betul sangat mengapresiasi dan terkagum-kagum pada paskibra yang bisa mengibarkan ke sungai di seluruh dunia mungkin baru disini. Kami Sekali lagi mengucapkan bapak Wali Kota dan juga dari komunitas Banksasuci yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Rano usai Apel Kebangsaan.

Ia mengatakan sebagai pembina wilayah menyadari pentingnya dari pada sungai. Menurutnya sungai ini merupakan suatu kebutuhan pokok bagi masyarakat.

“Dan seperti kita ketahui Kota Tangerang inj adalah kota yang penuh dengan industri banyak pabrik-pabrik. Permasalahan pabrik dengan masyarakat biasanya adalah masalah lingkungan,” katanya.

Pemkot Tangerang menunjukkan ada komponen anak bangsa terdiri dari pemuda yang peduli dengan lingkungan serta Banksasuci kemudian mencegah sampah yang datang dari Kabupaten, Kota Tangerang Selatan dan kemudian di budidayakan.

“Ini paling penting mengingat modern suatu DOB (daerah otonomi baru) maka semakin modern masyarakat. Semakin modern masyarakat semakin banyak sampahnya terutama sampah non organik yang tidak terurai dengan tanah. Ini merupakan suatu hal yang menjadi pilot projects yabg bisa menjadi tempat lain,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan Pemerintah Kota Tangerang sangat mengapresiasi kegiatan peringatan sumpah pemuda tahun ini yang berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kang Ade Yunus dari Direktur Banksasuci, KNPI, OKP termasuk Paskibra.

“Dalam rangka memperingati seluruh pemuda pemudi termasuk masyarakat untuk melestarikan sumber daya alam yang ada di Kota Tangerang antara lain Sungai Cisadane. Apalagi Sungai Cisadane yang kita tempati saat ini adalah tempat edukasi lingkungan buat masyarakat,” katanya.

**Baca juga: Wajib Tes PCR Picu Jumlah Penumpang Bandara Soetta Menurun

“Mudah-mudahan ini semangat kita untuk melestarikan karena ini juga akan ditata karena sering kali dapat kiriman air mengakibatkan banjir masyarakat sekitar. Mudah-mudahan kedepan ditata lebih baik lagi bagian pusat edukasi lingkungan yang ada di kota Tangerang dan sekitarnya,” tambahnya.

Banksasuci terdampak turap yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang sepanjang kurang lebih 200 meter. Kendati nantinya mudah-mudahan bisa kita kembangkan untuk pusat edukasi untuk masyarakat. (Oke)

Berita Terbaru