Hari Ini, SMK di Banten Gelar UNBK

kabar6.com
Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK mulai digelar serentak di Banten, Senin (2/4/2018). Ya, ada sebanyak 79.199 pelajar SMK di Banten, yang mengikuti UNBK.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten menyiapkan 1.677 server untuk menghadapi pelaksanaan UNBK.

Sedangkan untuk mengantisipasi gangguan jaringan internet dan gangguan mati lampu, Disdikbud Banten berkoordinasi dengan PLN dan PT Telkom.

“Ada 1.677 server yang sudah disinkronisasi. Intinya, untuk SMK sudah 100 persen (server) tersinkronisasikan,” kata Sekretaris Dindikbud Provinsi Banten, Ardius Prihatono.

Meski demikian, pada pelaksanaannya UNBK tidak semua sekolah difasilitasi oleh PT Telkom. Karena di beberapa daerah, PT Telkom tidak masuk.

Untuk itu, Dindikbud memakai vendor lain atau menggunakan jaringan lokal. “Kami manfaatkan vendor-vendor lain, sehingga memudahkan situasi di lapangan,” ujarnya.**Baca juga: 640 PNS Pemkab Tangerang Naik Pangkat.

Namun untuk kelas jauh, UNBK menumpang di sekolah-sekolah terdekat. “Kami punya datanya untuk sekolah-sekolah yang menumpang ke sekolah terdekat. Sesuai dengan moto UNBK nasional, prestasi penting tetapi jujur lebih utama. Ini menandakan kredibilitas dan integritas para siswa, dipupuk dan ditanam penguatan pendidikan karakter,” ucapnya.(BL/bbs)