oleh

Hari Ini DPKP Cek Kesehatan Hewan Kurban di Tangsel

Kabar6-Hari ini, Senin (22/10/2012), tempat penjualan herwan qurban serta tempat penyembelihan hewan qurban di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal disidak.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangsel, Zainal Aminin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sedikitnya 15 orang petugas yang akan mengecek kesehatan hewan yang akan disembelih saat qurban.

“Tim terdiri dari petugas kesehatan, petugas peternakan, dan juga aparat dinas dari Provinsi Banten besok (hari ini, red),” katanya.

Menurutnya, dari hasil survey yang dilakukan, diketahui ada sebanyak 2.680 hewan kurban yang akan disembelih di Tangsel. Terdiri dari 2.000 ekor kambing, 250 ekor domba dan sisanya sapi sebanyak 431 ekor.

“Bintek untuk sidak kesehatan ini sudah kami lakukan sejak 16-19 Oktober 2012 lalu. Tinggal pelaksanaannya saja,” jelasnya.

Terkait dengan kegiatan pemeriksaan hewan qurban yang akan disembelih, Zainal juga menegaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan sedikitnya 280 dewan kemakmuran masjid (DKM) yang tersebar di 7 kecamatan se-Kota Tangsel.

Selain itu, pihaknya juga sudah menggelas sosialisasi kepada para penjual dan pengurus DKM tentang program penyembelihan qurban sehat ini.

“Saat ini, hewan-hewan yang akan disembelih itu, sudah ada di DKM dan sebagian lagi masih dijual oleh 160 pedagang hewan qurban se-Kota Tangsel. Yang mana, 280 DKM dan 160 penjual inilah yang akan akan disidak nanti untuk menjamin kesehatan hewan yang akan disembelih,” singatnya.(iqmar)

Berita Terbaru