oleh

Hargai Diri Sendiri Sebelum Lakukan Diet

Kabar6-Siapa sih yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh ideal? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan mimpi itu, salah satunya dengan melakukan diet.

Selain konsisten dan disiplin, hal yang perlu dilakukan sebelum merumuskan serangkaian menu sehat adalah pembentukan pola pikir yang sehat. Sebuah riset, melansir Republika, mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan tubuh yang ideal seseorang perlu menanamkan motivasi yang kuat, dan bukan dilandaskan rasa rendah diri atau perasaan tertekan.

Dijelaskan, perasaan tertekan hanya akan merugikan diri sendiri dan menggagalkan rencana diet. Sebaliknya, untuk menjalankan pola hidup sehat, hal yang perlu ditanamkan adalah suasana hati yang bagus, kepercayaan diri bahwa program ini akan berhasil, dan mengurangi kebiasaan buruk seperti makan tidak teratur atau malas berolahraga.

Jika hanya membatasi porsi makan tanpa adanya motivasi untuk benar-benar menjalani pola hidup sehat, maka apa yang Anda rencanakan akan sulit terwujud.

“Ada kesenjangan besar antara apa yang kita anggap ideal dan apa yang harus dicita-citakan dan di mana kita berada sebagai populasi,” ungkap Profesor Pamela Keel, dari Universitas Negeri Florida, Amerika Serikat.

Ditambahkan, “Itu membuat orang merasa tidak enak terhadap diri mereka sendiri, dan sayangnya, merasa tidak enak dengan tubuh sebenarnya tidak memotivasi seseorang untuk melakukan perilaku sehat.”

Tim peneliti menguji sebuah program baru yang mendorong penerimaan tubuh dengan tujuan mengurangi risiko gangguan makan dan citra tubuh yang buruk. Uji coba yang dilakukan antara lain, menempatkan sebuah cermin besar dan mengarahkan peserta untuk berdiri di depan cermin tanpa mengenakan busana apa pun, dengan tujuan orang tersebut dapat mengidentifikasi ciri tubuh mereka masing-masing.

Orang, menurut Keel, lebih banyak melihat kekurangan yang dimilikinya, seperti bentuk tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus. Nyatanya, mengapresiasi tubuh karena dapat menjalankan fungsi dengan baik perlu dilakukan agar Anda dapat lebih memaknai dan menghargai tubuh.

“Pujian bisa fokus pada fungsi tubuh, seperti ungkapan Saya sangat menghargai cara kaki saya membawa saya kemanapun saya harus pergi. Apresiasi tersebut dapat dilakukan dan dibiasakan sebagai bentuk syukur atas apa yang anda miliki,” kata Keel.

Percobaan lain adalah menyuruh peserta untuk melakukan apa yang biasanya dilarang, seperti berenang di musim panas tanpa mengoleskan tabir surya, atau berjalan-jalan ke taman dengan mengenakan baju pendek di musim panas. ** Baca juga: Mengapa Banyak Orang Memilih Gunakan Alat Dapur Berbahan Kayu?

Para peneliti menemukan, cara tersebut mampu membuat peserta lebih menghargai tubuhnya. Ternyata, dikatakan Keel, perlakukan untuk lebih menghargai tubuh sendiri itu mampu meningkatkan mood, harga diri, dan mengurangi risiko perilaku merugikan diri sendiri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru