oleh

Harga Cabai di Kabupaten Tangerang Mahal Omzet Pedagang Turun

Kabar6-Masyarakat serta pedagang mengeluhkan kenaikan harga komoditas cabai semakin melonjak tinggi di Pasar Gudang Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Harganya hampir menyamai dengan daging sapi yang dibanderol kisaran Rp 130 ribu per kilogram.

Aceng, 30 tahun, pedagang di Pasar Gudang, Tigaraksa, menerangkan harga cabai merah keriting hari ini mencapai Rp 120 ribu per kilogram. Saking mahalnya ia hanya menyetok 20 kilogram.

“Padahal biasanya per hari saya bisa jual 100 kilogram,” katanya, Kamis (23/6/2022).

Aceng pastikan kenaikan harga cabai sudah mulai terjadi di tingkat agen. Naiknya harga cabai dipicu karena gagal panen dan stok menipis. “Yang beli berkurang, omzet saya juga turun,” ujarnya

Sementara itu, Direktur Operasional Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR), Ashari Asmat mengungkapkan, terjadinya kenaikan harga cabai merah keriting disebabkan kurangnya pasokan dari para petani.

“Pasokan memang agak sulit dari daerah pemasok Kang, karena memang akhir-akhir ini cuaca mengalami musim pancaroba, yang berpotensi terjadinya gagal panen,” jelasnya.

Acep Jayadiwira, Humas PT ABC pengelola Pasar Gudang Tigaraksa mengatakan dirinya selalu mengecek harga kebutuhan pokok.

**Baca juga: Guru Besar UPH Soroti Pentingnya Pengendalian Obat Berganda dan Antibiotika

“Masyarakat bisa juga cek harga kebutuhan pokok yang berada di Pasar Gudang Tigaraksa ini dengan menggunakan aplikasi harga komoditi Pasar Gudang, di aplikasi tersebut sudah tertera harga kebutuhan pokok yang ada di pasar gudang tiap harinya,” imbuhnya.

“Yang tadinya normal biasanya masyarakat membeli dengan jumlah banyak. Namun saat ini mereka membeli sesuai dengan kebutuhan saja,” pungkasnya. (Rez)