oleh

Harga Batu Grandidierite Ini Bikin Keblinger

Grandidierite.(flippa.com)
Grandidierite.(flippa.com)

Kabar6-Grandidierite adalah salah satu batu cantik yang keberadaannya sangat langka. Ditemukan pertama kali di Madagaskar, dengan harga fantastis yang mencapai kisaran Rp266.666 juta hingga Rp1,333 miliar, tentu ukuran, warna,serta kualitas grandidierite.

Disebutkan, semakin memiliki warna biru kehijauan yang kuat, maka harganyalebih mahal. Hasil olahan batu ini dapat berwujud cincin, kalung, atau anting. Dikutip dari Boombastis, grandidierite masuk dalam jajaran 10 batu terlangka di dunia.

Saat pertama kali ditemukan, batu ini dibawa oleh seorang ahli mineral dari Prancis bernama Alfred Lacroix pada 1902. Penemuan hebat itu lantas dinamai Grandidierite untuk menghormati penjelajah Prancis sekaligus naturalis bernama Alfred Grandidier yang hidup pada masa 1836-1912. Beliau adalah orang pertama yang berperan dalam sejarah alam di Madagaskar.

Grandidierite terbentuk dalam sistem kristal bertipe ortorombik (kristal yang memiliki tiga sumbu berbeda dan berpotongan tepat 90 derajat dari sistem kristalnya). Material batu satu ini benar-benar transparan dan tembus pandang.

Batu ini dianggap istimewa karena dari sekian banyak negara di dunia, grandidierite hanya ditemukan di beberapa titik antara lain di Malawi, Namibia, Sri Lanka, dan Madagaskar. ** Baca juga: Bak Etalase, Mobil Ini Dibuat Tembus Pandang

Namun dari semua titik itu, kualitas terbaik grandidierite adalah yang ditemukan di Madagaskar karena memiliki warna biru kehijauan yang lebih intensif. Berbeda dengan batu yang ditemukan di Sri Lanka dengan warna cender0 pucat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru