oleh

Hantu Pocong dan Mitosnya

ilustrasiKabar6-Hantu berwujud pocong tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahwa ada beberapa versi perihal asal muasal hantu pocong.

 

 

Sebagian kalangan percaya bahwa hantu pocong merupakan perwujudan dari orang yang telah meninggal. Berikut beberapa mitos mengenai hantu pocong yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia.

 

1. Hantu pocong adalah media yang digunakan oleh dukun untuk menakut-nakuti bahkan membunuh orang yang menjadi target. Hantu pocong juga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kekuatan ilmu hitam sang dukun.

 

2. Apabila seseorang meninggal dunia, pada saat akan dikuburkan jangan lupa untuk melepas tali pocongnya agar tidak gentayangan. Menurut kepercayaan, jika tali pocong lupa dilepas maka arwah orang yang meninggal akan gentayangan menjadi hantu pocong, dan meminta kepada orang yang ditemuinya untuk melepaskan tali pocongnya.

 

3. Hantu pocong sebenarnya adalah wujud dari jin kafir yang menakut-nakuti masyarakat.

 

4. Hantu pocong tidak melompat seperti yang terlihat dalam adegan di televisi, melainkan melayang atau terbang. Konon untuk menghindar dari kejaran hantu pocong adalah dengan tiarapa, yaitu menempelkan badan pada tanah, atau berlari dengan gaya berkelok-kelok.(ilj)

**Baca juga: Mitos Tentang Hewan yang Keliru.

Berita Terbaru