oleh

Hali, Manusia Kura-kura yang Pernah Ada

Maimaiti Hali.(Daily Telegraph)
Maimaiti Hali.(Daily Telegraph)

Kabar6-Dari belakang, punggung Maimaiti Hali memang tampak seperti tempurung yang dimiliki kura-kura. Ya bocah asal Tiongkok itu menderita kelainan fisik, pada punggungnya tumbuh sel kulit keras yang makin besar membentuk tempurung.

Saat itu karena usianya masih muda, operasi pengangkatan belum bisa dilakukan hingga usia Hali mencapai delapan tahun. Menginjak usia yang disarankan, Hali akhirnya menjalankan operasi selama dua jam di Rumah Sakit Militer Provinsi Xinjiang, Tiongkok, yang berhasil mengangkat tempurung di punggungnya.

Tampak punggung 'kura-kura
Tampak punggung ‘kura-kura” Maimaiti.(bbs)

“Orang-orang sering mengejek dia sebagai ‘anak kura-kura’ tapi saya bangga dengan Maimaiti Musai sebab ia adalah anak yang tabah dan pemberani. Kami senang dia kini dapat hidup dengan normal,” ujar Maimaiti Musai, sang ayah.

Ye Xiangp, kepala tim dokter yang mengoperasi Hali, dikutip dari beritaunik.net, mengatakan bahwa kulit yang diangkat dari punggung Hali tebal seperti kulit banteng.

Untuk menggantikan kulit yang diambil, dokter mencangkok kulit kepala dan tangan Hali. “Kulit kepala bisa tumbuh dengan cepat. Kami berharap dia bisa sembuh total,” kata dia. ** Baca juga: Wow, Ilmuwan Berhasil Ciptakan Embrio Manusia-Babi

Sementara Hali mengaku senang dan tidak khawatir lagi diejek teman-temannya. “Aku sudah tidak sabar, bermain tanpa harus memakai kaus, juga berenang telanjang bersama teman-teman.” (ilj/bbs)

Berita Terbaru