oleh

Hal yang Terjadi Jika Anda Konsumsi Makanan Kedaluwarsa

Kabar6-Mengonsumsi makanan tidak sekadar hanya menikmati rasanya saja, namun Anda juga harus teliti sekaligus mengetahui kondisi makanan tersebut. Artinya, Anda juga harus memperhatikan masa kedaluwarsa makanan tadi.

Jika hal ini diabaikan, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja yang terjadi jika Anda mengonsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa? Melansir doktersehat ini dia dampak yang ditimbulkan:

1. Sakit perut
Makanan yang sudah kedaluwarsa biasanya memiliki bakteri yang bisa membahayakan kesehatan pencernaan dan menyebabkan gejala sakit perut, mual, muntah, dan lain-lain.

2. Diare
Jika kita mengonsumsi makanan yang sudah berlendir atau beraroma tidak sehat, maka bisa dipastikan bahwa makanan ini sudah mengalami proses pembusukan oleh bakteri yang bisa memicu gejala diare.

3. Sembelit
Selain diare, terkadang makanan yang sudah kedaluwarsa juga bisa menyebabkan gejala sembelit. Hal ini disebabkan oleh kondisi makanan yang membuat gangguan proses pencernaan dan akhirnya membuat buang air besar (BAB) semakin sulit untuk dilakukan.

4. Keracunan makanan
Makanan yang sudah kedaluwarsa bisa menyebabkan reaksi kimia dalam saluran pencernaan yang berimbas pada keracunan makanan. Biasanya gejala awal dari hal ini adalah mual dan muntah-muntah. ** Baca juga: Apa Itu Hipotermia?

Teliti lagi kondisi makanan yang akan Anda konsumsi, jangan melebihi masa kedaluwarsa agar terhindar dari hal-hal yang merugikan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru