oleh

Hal yang Sebaiknya Dilakukan untuk Hilangkan Bakteri pada Ayam Mentah

Kabar6-Sebelum diolah, Anda memang disarankan untuk mencuci bahan makanan. Nyatanya, mencuci bahan makanan dengan air saja tidak cukup dan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Alasannya, beberapa jenis makanan seperti daging unggas, termasuk ayam dan bebek, berisiko menularkan penyakit akibat bakteri salmomella yang biasanya hidup dalam usus hewan unggas tersebut jika mencucinya tidak dilakukan dengan benar.

Ketika dicuci, cipratan air cuciannya itulah yang berisiko mengontaminasi bahan makanan lainnya melalui peralatan masak yang digunakan.

Agar menghindari kontaminasi penyakit ke makanan, melansir Womantalk, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bakteri pada daging ayam mentah. Apa sajakah itu?

1. Bersihkan secara rutin lemari es
Jika Anda kerap menyimpan daging ayam di dalam kulkas, maka bersihkan lemari pendingin secara rutin. Lemari es yang penuh dan tidak dibersihkan akan mempermudah perpindahan bakteri (kontaminasi).

Selain itu, suhu dingin juga tak menjamin dapat mematikan semua bakteri yang ada.

2. Merebus di suhu 165 derajat Celsius
Cara praktis untuk menghilangkan bakteri pada daging ayam adalah dengan merebusnya dalam suhu yang tepat. Umumnya, diperlukan suhu kisaran 165 derajat Celcius untuk mengusir bakteri pada daging. Cara ini juga berlaku pada jenis daging lainnya, termasuk ikan.

3. Gunakan perkakas yang berbeda
Mencuci daging ayam sebelum mengolahnya saja tidak cukup untuk membersihkannya dari bakteri. Untuk menghindari kontaminasi bakteri dari daging ke makanan lainnya, gunakan talenan (alas memotong), pisau, dan peralatan masak lain yang berbeda untuk makanan mentah dan makanan matang.

4. Bersihkan dengan desinfektan
Setelah digunakan, bersihkan peralatan makan dan memasak sampai tuntas. Jangan sampai ada sisa bahan makanan yang tertinggal apalagi sampai berkerak, dan pastikan untuk membersihkan permukaan yang terkena cipratan air cucian ayam tadi dengan desinfektan.

5. Cuci tangan
Hal yang tidak kalah penting, cuci tangan Anda setelah menyentuh daging atau alat apa pun yang bersentuhan dengannya. Selain itu, cuci juga tangan Anda sebelum memegang makanan. ** Baca juga: Penyebab Berat Badan Melonjak yang Sering Dialami Pekerja Kantoran

Mencuci daging ayam sebelum mengolahnya saja tidak cukup untuk membersihkannya. Jika tidak hati-hati, bahan makanan lainnya pun bisa terkontaminasi bakteri penyebab berbagai penyakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru