oleh

Hal yang Baik Dilakukan untuk Bantu Kurangi Kebiasaan Mengemil

Kabar6-Segala sesuatu yang berlebihan dampaknya memang tidak baik untuk tubuh. Sama halnya, kebiasaan mengemil yang sering dilakukan dalam jangka lama, tanpa mengenal waktu, tentu saja tidak baik untuk kesehatan.

Jika selama ini Anda sering mengemil, terlebih pilihan camilannya tak sehat dalam porsi banyak, melansir klikdokter, ada beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kebiasaan mengemil:

1. Atur waktu makan
Ketahui kapan Anda makan dan usahakan untuk selalu makan tepat waktu. Jika melewatkan waktu makan, Anda akan kelaparan sehingga ini menjadi alasan untuk mengemil.

2. Perlakukan camilan seperti makanan berat
Taruh camilan pada piring atau mangkuk, duduk di meja, dan fokus pada makanan di meja seperti saat Anda makan besar. Ini akan meyakinkan Anda merasa kenyang.

Jika sulit untuk mengurangi atau berhenti ngemil, lakukan usaha-usaha ini, antara lain seperti:

a. Konsumsi camilan yang mengenyangkan
Contohnya adalah kombinasi protein, lemak baik, dan sayuran. Singkirkan makanan cepat saji yang mengandung pengawet.

b. Cukupi kebutuhan cairan
Kadang mengira diri Anda lapar, padahal ini merupakan akibat tubuh sedang dehidrasi.

c. Sikat gigi
Jika makanan sisa sudah dibersihkan dari mulut, ini bisa menekan keinginan untuk ngemil.

d. Alihkan perhatian
Misalnya dengan membaca buku, meditasi, yoga, relaksasi, atau melakukan hobi.

e. Kontrol lingkungan
Jika setelah melakukan poin-poin di atas tapi ngemil masih sulit untuk dikendalikan, sudah saatnya Anda mengambil langkah drastis. Berhentilah membeli camilan favorit kemasan yang tidak sehat. Atau, minta bantuan orang-orang di rumah untuk menyembunyikan camilan yang masih ada di lemari makanan atau kulkas.

Memilih camilan sesuai kondisi kesehatan dipengaruhi banyak faktor, mulai dari jenis camilan, porsi, hingga variasi gen seseorang yang bisa memengaruhi kebiasaan ngemil. ** Baca juga: Berapa Sebenarnya Jumlah Vitamin C Harian yang Dibutuhkan untuk Jaga Imunitas?

Demi kesehatan yang lebih baik, kurangi dan batasi camilan yang asin, manis, atau camilan dalam kemasan yang telah melalui banyak pemrosesan. Kadang butuh tekad kuat dan disiplin untuk menerapkan pola hidup yang lebih sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru