oleh

Hal Tak Terduga yang Terjadi Saat Anda Rutin Jalan Kaki Usai Makan Malam

Kabar6-Mungkin Anda sering tidur atau tidak melakukan aktivitas apapun usai makan malam. Padahal kebiasaan ini sangat tidak disarankan karena dapat memicu obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Usai makan malam, Anda dianjurkan untuk alan-jalan sejenak minimal selama 15 menit. Mengapa demikian? Dilansir Prevention, berikut adalah empat manfaat yang akan didapat jika Anda rutin jalan kaki usai makan malam:

1. Sehatkan sistem pencernaan
Jalan kaki sejenak minimal 15 menit usai makan malam akan membantu menyehatkan sistem pencernaan, juga mencegah risiko dada terasa sesak setelah makan, sembelit serta penumpukan lemak di perut.

2. Tidur makin nyenyak
Jalan kaki usaih makan malam akan membuat tubuh terasa lebih fresh dan nyaman, sehingga tidur atau istirahat malam pun akan semakin berkualitas, nyenyak dan mengesankan.

3. Bakar kalori & lemak di tubuh
Disadari atau tidak, jalan kaki sedikitnya selama 15 menit usai makan malam akan membantu tubuh membakar kalori dan lemak dengan lebih baik. Ini juga bisa bikin tubuh terasa lebih ringan, terhindar dari risiko obesitas atau perut buncit.

4. Stabilkan gula darah
Gula darah dan sirkulasi darah dalam tubuh akan jadi lebih stabil ketika Anda memiliki kebiasaan jalan kaki usai makan malam. Aktivitas ini juga baik untuk kesehatan jantung, paru-paru serta liver. Otak pun akan semakin rileks dan terhindar dari risiko alzheimer atau pikun. ** Baca juga: Beberapa Aktivitas Harian yang Bantu Asah Ketajaman Otak

Jadikan kebiasaan jalan beberapa saat usai makan malam sebagai rutinitas, dan pastikan tidur 2-3 jam setelah makan malam agar terhindar dari hal-hal yang merugikan kesehatn.(ilj/bbs)

Berita Terbaru