oleh

Hal Tak Terduga yang Bikin Anda Tampak Sangat Lelah di Pagi Hari

Kabar6-Pernahkah Anda bangun pagi dengan kondisi sangat lelah? Akibatnya, rutinitas pagi menjadi sedikit terganggu. Apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi?

Ternyata, tidak hanya kurang tidur di malam hari saja yang dapat membuat Anda tampak lelah. Ternyata terdapat beberapa hal tak terduga yang dapat membuat Anda tampak lelah di pagi hari. Melansir Menshealth, ini dia lima hal yang dimaksud:

1. Kafein
Meskipun Anda mungkin merasa memerlukan kopi di pagi hari untuk mengusir rasa kantuk, tetaplah berhati-hati karena kopi dapat membuat Anda mengalami dehidrasi dan membuat kulit menjadi kering, kusam, dan berkeriput.

Selain itu, kopi juga dapat merusak berbagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi elastisitas kulit Anda. Hal ini juga dapat membuat kulit Anda berkeriput. Jadi pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari empat gelas kecil kopi setiap harinya.

Anda dapat mengganti kopi dengan teh hijau, karena selain mengandung lebih sedikit kafein, teh hijau juga mengandung banyak antioksidan kuat yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

2. Makanan olahan
Banyak orang telah mengetahui bahwa gula dan karbohidrat olahan dapat membuat gemuk. Namun tahukah Anda, gula dan karbohidrat olahan juga dapat berdampak buruk pada kulit? Keduanya dapat menghasilkan suatu produk sisa yang memicu terjadinya peradangan di dalam tubuh, yang menyebabkan kerusakan lapisan kolagen pada kulit, yang tentu saja menyebabkan kulit berkeriput.

Selain itu, keduanya juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang diperlukan oleh kulit agar tampak segar. Jadi, pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula, tepung putih, atau minyak hidrogenasi, yang biasanya ditemukan pada berbagai makanan olahan.

3. Tidur dalam posisi tengkurap
Pada malam hari, tubuh Anda akan melepaskan cairan dari dalam aliran darah menuju ke berbagai jaringan lunak tubuh Anda, termasuk ke wajah Anda. Seiring dengan berlalunya waktu saat Anda tidur, cairan ini dapat menumpuk di sekitar mata dan membuat kulit yang sangat tipis di sekitar mata merenggang.

Hal ini akan menyebabkan terbentuknya kantong mata pada bagian bawah mata dan membuat Anda terlihat lelah dan tampak lebih tua. Disarankan tidur telentang agar dapat mencegah penumpukkan cairan pada bagian wajah Anda dan mencegah terbentuknya kantong mata.

4. Menderita alergi
Reaksi alergi yang dialami tidak hanya membuat Anda terus bersin atau batuk atau gatal-gatal, tapi juga menyebabkan terbentuknya suatu lingkaran hitam di bagian bawah mata akibat peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan peningkatan aliran darah ke area tersebut juga turut membawa sel-sel pigmen dan menyebabkan bagian bawah mata Anda menjadi hitam. Jadi, jangan menunda konsumsi obat anti alergi bila menderita alergi, dan bila alergi Anda terjadi hampir setiap harinya, maka pastikan mengonsumsi obat anti alergi secara teratur setiap harinya, meskipun tidak sedang mengalami reaksi alergi untuk mencegah semakin memburuknya gejala alergi.

5. Udara kering
Mungkin Anda pernah terbangun dengan mata merah di pagi hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh keringnya udara di dalam kamar tidur Anda. Tidur dengan udara kering dapat menyebabkan hilangnya kelembapan pada mata dan menyebabkan pembuluh darah mata melebar, sehingga Anda tampak lelah atau mengantuk atau keduanya.

Menggunakan alat humidifier di dalam kamar tidur dapat membantu menjaga kelembapan dalam kamar tidur Anda. ** Baca juga: Jauhkan 4 Kebiasaan Buruk untuk Cegah Sistem Imun Tubuh Rapuh

Minimalisir kelima hal tadi agar tubuh bugar saat bangun keesokan harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru