oleh

Hal Ini Dapat Menghambat Produksi Sperma

Kabar6-Menurut sebuah penelitian, sebanyak 50 persen penyebab terhambatnya produksi sperma laki-laki adalah karena kebiasaan sehari-hari yang tidak tepat.

 

Apa saja ya kebiasaan buruk itu? Berikut ulasannya.

 

1. Menaruh ponsel di saku celana depan

Radiasi ponsel mempengaruhi penurunan produksi sperma sebanyak sembilan persen. Terlebih, posisi ponsel sangat dekat dengan posisi penis.

 

Karena itulah disarankan agar menaruh ponsel dalam tas, atau setidaknya di saku celana belakang. ** Baca juga: Lindungi Visum Korban Kekerasan, P2TP2A Akan MoU Dengan Rumah Sakit

 

2. Stres berat

Pria yan mengalami stres atau cemas berlebihan, cenderung memiliki kualitas sperma yang tidak normal, termasuk juga berkurangnya mobilitas. Hal ini berkaitan dengan proses sperma yang harus mencapai sel telur.

 

3. Merokok

Pria perokok memiliki dampak negatif pada kualitas spermanya. Sebaliknya, jika seorang pria berhenti merokok, maka dia akan menghasilkan kualitas sperma terbaik.

 

4. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat yang biasa disebut obesitas, dapat menurunkan produksi sperma, dimungkinkan karena lemak menghasilkan estrogen. Pria dengan berat badan berlebih, rentan terkena disfungsi ereksi.

 

5. Terlalu lama berada di tempat dengan suhu panas

Ada istilah sperma pria seolah-olah seperti “digoreng” jika terlalu lama duduk dalam bak mandi air panas atau sauna. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang secara rutin terpapar panas seperti tukang las.

 

6. Mengonsumsi alkohol berlebih

Pria yang seing mengkonsumsi minuman beralkohol, cenderung memiliki kualitas sperma yang kurang bagus. Sebuah penelitian yang diterbitkan British Medical Journal mengatakan, pria yang mengonsumsi alkohol kurang dari lima kali per minggu, memiliki kualitas sperma lebih bagus.

 

So, para pria yang ingin memiliki sperma unggul, hindari enam kebiasaan kurang baik itu ya. (ilj)

Berita Terbaru