oleh

H-4 Lebaran, Konvoi Arus Mudik Di Merak Mengular Padat Merayap

Kabar6-Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengatakan, pada Minggu malam ini arus mudik Lebaran akan mengalami puncaknya, sehingga pihaknya menyiapkan berbagai tindakan antisipasi.

“Puncaknya malam ini,” ucap Mangindaan di kantor Kementerian Perhubungan, Minggu (4/8/2013).

Antisipasi yang dilakukan pada puncak arus mudik, kata Mangindaan, pihaknya akan mencermati sejumlah titik rawan kemacetan. “Kawasan ini yang harus diantisipasi,” ujarnya.

Antisipasi terhadap titik-titik kemacetan dilakukan agar para pemudik tepat berada di kampung halaman pada hari Lebaran.

Untuk itu petugas-petugas di lapangan telah dipesan agar lebih intens melaporkan situasi arus mudik.

Sementara itu, kepadatan antrean penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak yang hendak menyeberang ke Bakauheni, Lampung, sudah melebihi situasi normal.

Kapasitas parkir pelabuhan yang bisa menampung 3.562 kendaraan, sudah tidak sanggup lagi menampung kendaraan pemudik. Ribuan kendaraan harus antre.

Arak-arakan arus mudik yang sudah padat merayap dan mengular sepanjang 5 kilometer sejak Sabtu (3/8/2013), pada Minggu (4/8/2013) pagi belum terurai, justru makin mengular hingga sepanjang 8,5 kilometer di Cikuasa Atas atau KM 95.

Pemudik yang berada di antrean harus menunggu sekitar 10 jam hanya untuk sampai ke dalam kawasan pelabuhan.

“Saya sudah 10 jam di sini. Mobil saya hanya¬† bergerak semeter-semeter dan berhenti lagi satu jam,” kata Hidayat, seorang pemudik yang terjebak kemacetan di kawasan Cikuasa Atas, Cilegon.

Sekalipun sudah kewalahan menghadapi arus mudik, Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi mengatakan, pihaknya belum menambah jumlah kapal roll on-roll off (Ro-Ro), yakni masih tetap mengoperasikan sebanyak 28 kapal.

“Nanti kalau semakin parah baru ditambah,” ujar Mario.

Guna menghindari kemacetan kendaraan lebih panjang di luar pelabuhan, pihak kepolisian Pulomerak melakukan sistem buka-tutup.

“Kami telah memberlakukan sistem buka-tutup untuk kendaraan yang akan masuk ke Pelabuhan Merak di Cikuasa Atas. Kami buka dan mengirim kendaraan tergantung permintaan dari Pelabuhan Merak,” kata Kapolsek Pulomerak Komisaris M. Sujatna.(bbs/yps)

 

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru