oleh

H-3 Lebaran, Kapasitas Bandara Soekarno-Hatta Terasa Sempit

Kabar6-Tiga hari menjelang Lebaran, kapasitas Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang terasa sempit. Wakil Gubernur (Wagub) Banten Rano Karno yang melakukan inspeksi mendadak mengakui, perluasan bandara harus segera dilakukan karena kapasitasnya sudah tak lagi mampu menampung calon penumpang.

Gelombang arus mudik masih terus memadati Bandara Soekarno-Hatta. Hingga Senin (5/8/2013) siang atau H-3 Lebaran, hampir 700 ribu penumpang diterbangkan ke sejumlah wilayah di Indonesia.

Umumnya pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman, datang ke bandara membawa barang barang dan bagasi dalam jumlah besar. Pemandangan ini membuat troly terlihat penuh barang bawaan.

Wagub Banten Rano Karno yang melakukan inspeksi mendadak mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta sudah mengalami over kuota.

Menurutnya, bandara yang sebelumnya diperkirakan dapat menampung 15 hingga 30 juta penumpang, mau tak mau harus segera melakukan perluasan untuk memperbaiki pelayanan, karena kini jumlah pengguna jasa bandara telah mencapai 62 juta penumpang.

Sementara itu, Posko Mudik Lebaran di bandara mencatat, hingga Senin siang sebanyak 662.641 penumpang berhasil diterbangkan ke daerah tujuan pemudik di Tanah Air.(rani)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru