oleh

H-1 Lebaran, Merak Padat Lagi, Biker Pingsan

Kabar6-H-1 Lebaran, arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, kembali padat. Ribuan penumpang berdatangan secara simultan dari berbagai daerah. Di tengah arus mudik, seorang pemudik pingsan tertabrak mobil rescue.

Ribuan penumpang berkendaraan roda dua, roda empat, dan tanpa kendaraan kembali berdatangan memadatai Pelabuhan Merak pada Rabu (7/8/2013). Sejak dini hari hingga pagi, kendaraan roda dua dan roda empat memadati areal parkir dermaga pelabuhan.

Suasana pelabuhan hari ini beda dengan Selasa (6/8/2013). Kemarin, arak-arakan arus mudik tak lagi mengular. Bahkan, dua kapal fery sampai ‘ngetem’ menunggu calon penumpang.

Dalam kepadatan jumlah calon penumpang hari ini, seorang pemudik bernama Kendul jatuh pingsan. Saat ia hendak memasuki kapal Roro di Dermaga I Pelabuhan Merak, pengendara sepeda motor matic dengan nopol B 6571 EJD ini tertabrak mobil rescue milik ASDP sekitar pukul 10.00 WIB.

Akibat tabrakan itu, mobil rescue jenis diesel dengan nopol B 8508 DB mengalami kerusakan pada bemper depan. Adapun motor Kendul, hancur pada bagian sayap dan depannya.

“Kami akan bertanggung jawab untuk pengobatan dan juga perbaikan motornya, kami akan ganti penuh biayanya,” kata Mario Sardadi Oetomo, Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak di Merak, Rabu (7/8/2013).

Pengendara mobil rescue diperiksa oleh Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, sedangkan Kendul yang pingsan di lokasi kejadian, langsung mendapat perawatan di pos kesehatan.

Sementara itu, mengenai arus mudik, Mario mengakui kemungkinan masih padat hingga Rabu (7/8/2013) siang, namun volumenya tak lagi sepadat pada H-4 (Minggu, 4/8/2013) dan H-5 (Sabtu, 3/8/2013).

Otoritas ASDP mencatat, hingga H-2, jumlah pemudik dari Pulau Jawa yang tiba di Pelabuhan Bakauheni berjumlah 525.658 orang.

Lalu kendaraan roda dua mencapai 53.668 unit dan mobil pribadi mencapai 47.701 unit. Jumlah ini masih akan bertambah karena hingga H-1 masih ada pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Merak.(bbs/yps)

Berita Terbaru