oleh

Gurun Dasht-e Lut di Iran Jadi Tempat Paling Panas di Bumi

Kabar6-Di Iran terdapat sebuah gurun dengan luas sekira 51.800 kilometer persegi bernama Dasht-e Lut yang disebut sebagai tempat dengan suhu paling tinggi di muka Bumi.

Saking panasnya, melansir Odditycentral, gurun tersebut tidak berpenghuni sehingga dinamai Dasht-e Lut atau dataran kosong dalam Bahasa Persia. Laporan NASA menyebutkan, suhu Dasht-e Lut pernah mencapai 70,7 derajat celcius pada 2005 lalu. Gurun ini bahkan memiliki bagian yang lebih panas lagi yaitu ‘Gandom Beryan’ seluas 480 km persegi.

Para ilmuwan percaya, jutaan tahun yang lalu, Dasht-e Lut merupakan dasar laut. Namun karena adanya pergeseran tektonik, air laut pun naik dan sisanya menguap karena temperatur yang tinggi. ** Baca juga: Tak Sengaja, Seorang Perawat di Inggris Telan Alat Tes Swab COVID-19

Dasht-e Lut yang dikelilingi dengan pegunungan menjadi semakin panas karena tidak bisa menerima udara lembap dari Laut Arab dan Laut Mediterania. Kerikil vulkanik yang menyebar ke permukaan dataran turut menyumbang temperatur tinggi di Dasht-e Lut.

Selain itu, tanah yang asin membuat tanaman tidak bisa tumbuh di Dasht-e Lut hingga menjadikannya begitu panas. Bahkan, kaktus yang biasanya menjadi tumbuhan tahan dengan suhu panas, tidak bisa hidup di Dasht-e Lut. Satu-satunya tanaman yang bisa tumbuh di gurun tersebut selain lumut gurun adalah semak tangguh setinggi 10 meter.

Meski bersuhu tinggi, banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi Dasht-e Lut. Para wisatawan ingin merasakan sensasi berjalan di gurun yang sangat luas dan bersuhu tinggi tanpa adanya oase.

Gurun ini mencakup bagian dari tiga provinsi besar yaitu Provinsi Sistan dan Baluchestan, Khorasan Selatan, dan Kerman. Di bagian utara ke selatan, gurun ini berbatasan dengan sebelah barat Kota Nayband sedangkan bagian barat ke timur berbatasan dengan sebelah timur Kota Nehbandan.

Dasht-e Lut dinobatkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO karena keunikannya.(ilj/bbs)