oleh

‘Gunung Berapi Es’ Meletus di Pantai AS

Kabar6-Sebuah fenomena alam aneh terjadi di Pantai Oval, sebuah pantai yang terletak di negara bagian Michigan, Amerika Serikat. Gunung berapi es yang ada di pantai tersebut terlihat memuntahkan gumpalan air.

Fenomena ini, melansir livescience, berhasil diabadikan oleh seorang karyawan dari Dinas Cuaca Nasional (National Weather Service/NWS) Grand Rapids wilayah setempat. Meskipun disebut gunung berapi es, bukan berarti gunung tersebut benar-benar aktif, sebagaimana gunung berapi pada umumnya yang memuntahkan lava.

Gunung berapi es hanyalah sebutan bagi gundukan es berbentuk kerucut di tepi pantai, tempat lapisan es tipis terbentuk.

Seorang Ahli Cuaca Musim Dingin di NWS Meteorologist-In-Charge bernama Tom Niziol menjelaskan, gunung berapi es terbentuk ketika suhu di permukaan cukup dingin, air yang dilepaskan kemudian membeku di atas tanah di sekitar pantai dan membentuk semacam gunung berapi mini.

Ketika air yang mengalir di bawah lapisan es membentuk tekanan tinggi, ia akan membuat air menyembur ke permukaan, keluar dari lubang yang ada di puncak gundukan es. “Gunung berapi es bisa sangat berbahaya untuk didaki karena mereka berlubang dan dibangun di atas lubang es. Jangan pernah menjelajahinya,” jelas Niziol.

Gunung berapi es, menurut Niziol, merupakan fenomena yang sangat langka. Beberapa tahun lalu, peristiwa yang sama pernah terjadi di Danau Erie, di mana gunung berapi es terbentuk di sepanjang danau tersebut. ** Baca juga: Pertama di Dunia, Bandara di Osaka Sediakan Toilet Khusus untuk Anjing

Sementara Matt Benz, ahli meteorologi untuk AccuWeather, mengatakan bahwa gunung berapi es biasanya terbentuk di sekitar badan air, di mana suhu di permukaan berada di bawah titik beku, sehingga memungkinkan terbentuknya lapisan es di permukaan air.

Bersamaan dengan itu, ombak di bawah rak es telah menciptakan tekanan yang cukup kuat sehingga mendorong aliran air keluar. Gunung berapi es ini cenderung terbentuk di sepanjang garis pantai, tempat angin membentuk ombak secara konsisten.(ilj/bbs)

Berita Terbaru