oleh

Gunakan Lip Balm Sebabkan Ketergantungan

Kabar6-Lip balm adalah salah satu produk kecantikan yang biasanya digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dengan cara mengoleskannya. Lip balm bekerja dengan cara ‘menyegel’ kelembapan agar tidak menguap. Dan secara teori, lip balm juga bertindak sebagai pelembap itu sendiri.

Nah, menurut Dr Joshua Zeichner, dermatolog yang berbasis di New York, Bibir kita mampu memperbaiki diri dan mempertahankan hidrasi. Penggunaan lip balm yang terlalu sering mungkin lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya.

Diduga, Lip balm, mengandung sifat adiktif meskipun kenyataannya lip balm tidak benar-benar adiktif. Dikatakan Dr Zeichner, seperti dilansir Meetdoctor, masalah utama terletak pada bahan pembuatnya, campuran exfoliant yang menghilangkan kulit mati, dan emolien yang digunakan untuk melembutkan kulit, dari asam salisilat hingga kapur barus, fenol, dan mentol yang berguna untuk mendinginkan bibir, namun juga bisa mengeringkan jika dipakai terlalu sering. ** Baca juga: Susah Bangun Pagi Bawaan Gen?

Penggunaan lip balm setiap hari memang sangat dianjurkan, terutama bagi mereka yang memiiki masalah bibir kering, pecah-pecah dan eksim bibir yang kebanyakan dapat diatasi dengan pengaplikasian pelembap bibir. Meskipun demikian, Anda pun sebaiknya tidak terlalu berlebihan mengoleskan lip balm untuk menghindari hal-hal yang justru merugikan kesehatan bibir.(ilj/bbs)

Berita Terbaru