oleh

Gunakan Kamera dan Radar Sebagai Navigasi, Seoul Mulai Operasikan Bus Tanpa Sopir

Kabar6-Ibu Kota Korea Selatan (Korsel), Seoul, mulai mengoperasikan bus tanpa sopir, merupakan bagian eksperimen yang disebut para teknisi bertujuan untuk membuat masyarakat lebih nyaman dengan kendaraan tanpa sopir di jalan.

Bus ini, melansir ndtv, memiliki ujung berbentuk bulat juga jendela besar sehingga lebih tampak seperti mainan. “Ini adalah masa depan,” terang Jeong Seong-gyun, kepala 42 Dot, start-up yang bertanggung jawab untuk teknologi self-driving yang dimiliki perusahaan Hyundai.

Seong-gyun mengatakan, bus ini agak mirip Lego dan terbuat dari komponen komposit untuk membantu menekan biaya dan membuatnya mudah ditiru. Bus menggunakan kamera dan radar sebagai penentu arah atau navigasi, bukan menggunakan alat sensor yang mahal.

Tujuan perusahaan ini adalah membuat teknologi berbiaya rendah, aman, dan mudah dialihkan ke berbagai jenis kendaraan di masa mendatang, misalnya truk pengiriman. ** Baca juga: ‘Bertarung’ Selama 25 Menit, Pemancing Asal Inggris Berhasil Tangkap Ikan Mas Raksasa Sekira 30 Kg di Prancis

Dan untuk saat ini, dengan pengawasan ketat oleh pengemudi keamanan, bus akan melaju sendiri di sekitar sirkuit kecil sepanjang 3,4 kilometer di pusat kota Seoul yang memakan waktu sekira 20 menit. Masyarakat dapat naik di dua halte yang ditentukan setelah memesan kursi gratis melalui aplikasi.

“Saya merasa seperti saya baru saja melompat ke mesin waktu untuk mengunjungi masa depan,” kata salah seorang warga, Kim Yi hae-ran (68), setelah 20 menit menggunakan bus ini. “Saya berpikir ini bisa membuat saya pusing karena kecepatan yang tiba-tiba tapi saya enggak merasakan apa pun.”

Ditambahkan, perjalanan terasa ‘sangat mulus dan aman’ hingga membuatnya merasa bangga dengan kemajuan teknologi yang telah dibuat oleh perusahaan Korsel itu.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email