oleh

Gunakan Kaldu Udang, Mie Celor Ini Jadi Lebih Gurih

Kabar6-Mie Celor khas Palembang adalah makanan campuran mie telur basah dengan kuah yang kental nan unik. Makanan unik ini hadir di gerai Mie Celor Pondok Wong Palembang, Festival Kuliner Serpong (FKS) 2019 di Summarecon Mall Serpong, Kabupaten Tangerang.

Kata ‘Celor’ dalam Mie Celor bukan berasal dari tambahan telur di dalamnya. Namun, celor yang dimaksud dalam bahasa Palembang memiliki arti ‘dicelup-celupkan’ ketika dimasak.

Di tempat asalnya (Palembang) Mie telur biasanya dibuat sendiri, maka dari itu sajian mie ini sangat khas banget.

Selain mienya yang unik, kuahnya juga sangat khas loh. Kuah tersebut juga termasuk ciri khas dari mie celor ini.

Dibuat dengan sederhana, kaldu udang dimasak bersama susu, santan, gula, garam, dan merica. Setelah kuah mendidih dimasukan telur dan terigu setelah itu diaduk terus hingga kuah mendidih dan kental.

Untuk sajian di tempat ini, mie telur dan tauge dicelup-celupkan ke dalam air mendidih, setelah mie matang kemudian disisihkan ke tempat penyajian, lalu disiram dengan kuah kental, setelah itu ditambah dengan potongan udang dan telur, terakhir ditaburi bawang goreng dan rajangan daun kucai.

**Baca juga: Nasi Goreng Combrang Ayam Kremes, Nampol Banget Dilidah!.

Dengan campuran tersebut membuat makanan ini sangat nagih saat dicicipi. Harganya? Jangan khawatir Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp35 ribu untuk menikmati sajian Mie Celor ini.

Ayo coba menu rancakbana ini, karena FKS 2019 hanya sampai 8 September 2019 mendatang. Oh iya ditempat ini untuk pembayaran melalui tiket yang sebelumnya Anda tukar di kasir ya, karena gerai makanan ditempat ini tidak bisa menerima pembayaran cash.(Eka)

Berita Terbaru