oleh

Gunakan Cermin Jadi Cara Seorang Polantas di India Hadapi Pengendara Motor Tanpa Helm

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum, tingginya angka korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas di India tidak lepas dari sikap para pengendara dan pengguna jalan yang sering tidak mematuhi peraturan berlalu lintas. Salah satunya adalah tidak memakai helm.

Nah, seorang polisi lalu lintas (Polantas) bernama Sandeep Shahi ternyata memiliki cara unik untuk menghadapi pengendara tanpa helm. Melansir Mashable, Shahi yang sehari-harinya bertugas di New Delhi ini menggunakan cara lebih efektif untuk memperingatkan para pemotor tak berhelm, yaitu dengan menggunakan cermin. Alhasil, saat bertugas di persimpangan jalan yang ramai, Shahi selalu membawa sebuah cermin.

Ketika lampu merah menyala dan Shahi menemukan ada pengendara motor yang tidak mengenakan helm, maka dia akan mendekati mereka, mengangkat cermin di depan dadanya, hingga wajah si pengendara motor terpantul jelas di cermin.

“Selama empat tahun terakhir, saya telah mencoba membujuk pengendara untuk mau mengenakan helm, tetapi tidak berhasil,” kata Shahi. “Lalu suatu hari saat saya berboncengan dengan teman saya naik sepeda, saya melihat diri saya di cermin tanpa helm dan saya merasa malu. Saat itulah terlintas di benak saya, jika saya membuat orang lain melihat diri mereka di cermin, mungkin mereka akan merasa malu dan mulai mengenakan helm. Karena cermin tidak pernah berbohong.”

Trik ini diakui Shahi cukup berhasil, karena beberapa pengendara akan langsung meminta maaf dan berjanji tidak lagi mengendarai motor tanpa helm. “Saya juga membawa tulisan tentang peraturan keselamatan jalan yang saya perlihatkan kepada para pengguna jalan. Saya senang bahwa cermin yang sederhana ini efektif mencegah pelanggaran,” urainya.

Sementara itu Undang-Undang di India mengharuskan para pengendara sepeda motor untuk mengenakan helm dengan benar. Pelanggar peraturan lalu lintas ini dapat diancam dengan sanksi denda hingga Rp197 ribu. Sayangnya, masih banyak pengguna jalan yang mengabaikannya. ** Baca juga: Lindungi Keselamatan Pengendara Motor dengan Airbag Mirip Kepompong

Ide yang bisa ditiru, nih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru