oleh

Guci Keramik Milik Kaisar Qianlong Laku Dilelang Rp71 Miliar

Kabar6-Sebuah guci keramik yang pernah menjadi milik Kaisar Qianlong abad ke-18 di Tiongkok, laku terjual seharga Rp71 miliar dalam lelang beberapa waktu lalu.

Guci berwarna biru dan putih itu, melansir m.economictimes, memiliki desain naga kekaisaran dengan lima cakar kala mencari mutiara suci. Pembelinya berasal dari Tiongkok yang bertransaksi melalui sambungan telepon.

Balai Lelang Olivier Clair yang menemukan guci tadi saat melaksanakan surat wasiat di sebuah apartemen Paris, mengatakan bahwa dengan biaya lain, maka nilai penjualan bisa mencapai lebih dari Rp 71 miliar. “Sudah ada angka,” katanya.

Disebutkan, “Guci itu diperuntukkan bagi peziarah Tiongkok. Sedikit demi sedikit, itu telah menjadi simbol dekoratif seperti pedang penobatan. Itu adalah objek yang menarik minat orang Tiongkok karena itu adalah warisan mereka.”

Kemungkinan, guci itu dijarah bersama dengan banyak benda antik lain, selama penguasaan Istana Musim Panas oleh pasukan ekspedisi Franco-Inggris pada 1860. Tetapi Clair mengatakan, bagaimana jalurnya guci itu datang ke Eropa tidak terlalu jelas. “Kami tidak tahu bagaimana benda itu tiba di Prancis, kami hanya tahu sejarahnya selama tiga generasi.”

Ditambahkan, “Itu milik keluarga pengusaha industri kertas yang memiliki hubungan dengan bidang politik abad ke-19, tidak diragukan merupakan kerabat Mac Mahon dan Napoleon III.”

Barang-barang kekaisaran dari pemerintahan Qianlong (1735-1796) memang sangat dicari. Mangkuk keramik merah muda keluarga raja itu terjual seharga Rp484 miliar pada April 2018 lalu di balai lelang Sotheby Hong Kong. ** Baca juga: Pemain Biola Mainkan Lagu ‘Titanic’ untuk Pekerja Seni yang Kehilangan Pekerjaan Selama Pandemi COVID-19

Pada Juni 2018, vas keramik Tiongkok yang dibuat untuk Qianlong terjual Rp276 miliar di balai lelang Sotheby Paris, dan guci dari era yang sama Laku Rp86 miliar pada penjualan di balai lelang Tours.(ilj/bbs)

Berita Terbaru