oleh

Gubernur WH: Penanganan Korban Gempa Harus Segera

Kabar6-Gubernur Banten Wahidin Halim menginstruksikan OPD terkait yang menangani korban bencana gempa di Kabupaten Lebak dan Pandeglang segera mempercepat penyaluran bantuan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya percepatan proses pemulihan pasca bencana yang dialami para korban sehingga dapat kembali beraktifitas seperti biasa.

“Penanganan harus segera dilakukan, bantuan harus cepat disalurkan agar masyarakat bisa segera pulih dan beraktifitas seperti biasa,” tegas WH, Selasa (6/8/2019)

Menurutnya, banyak rumah masyarakat yang rusak baik ringan, sedang maupun berat akibat bencana gempa bumi yang terjadi pada Jum’at (2/8/2019) lalu menjadi perhatian khusus baginya.

Kepala BPBD Provinsi Banten E. Kusmayadi. Berdasarkan data sementara BPBD Provinsi Banten, sebanyak 249 rumah dan sarana umum lain mengalami kerusakan ringan, 77 rusak sedang dan sebanyak 104 mengalami rusak berat.

**Baca juga: Komitmen Bangun Bank Banten, Kerjasama Pemprov dan Pemda Belum Jelas.

Rumah dan sarana lain yang mengalami kerusakan paling banyak terdapat di Pandeglang, yaitu 181 rusak ringan, 76 rusak sedang dan sebanyak 102 rusak berat.

Terbanyak berikutnya di Lebak, yaitu sebanyak 55 rusak ringan dan 2 mengalami rusak berat. Sedangkan, di Kabupaten Serang sebanyak 13 rusak ringan dan 1 rusak sedang.

Selain menyebabkan kerusakan rumah dan prasarana umum lainnya, gempa bumi juga menimbulkan kepanikan warga, sehingga tidak sedikit warga yang mengungsi.(Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru