oleh

Gubernur Puebla Meksiko: Orang Miskin Kebal COVID-19

Kabar6-Sebuah pernyataan mengejutkan datang dari Gubernur Puebla Meksiko, Luis Miguel Barbosa. Dalam pernyataan yang disiarkan langsung pada YouTube dan Facebook ini, Barbosa mengatakan bahwa orang miskin bisa kebal dari COVID-19.

Keruan saja pernyataan yang kontroversial itu, menuai banyak kritik dari pertanyaan. Salah satunya, benarkah orang miskin kebal infeksi COVID-19?

Barbosa, melansir Independent, yakin bahwa orang miskin kebal terhadap COVID-19, dan menurutnya sekira 75 persen dari total 457 kasus COVID-19 di Meksiko per Jumat kemarin (27/3/2020), disebabkan oleh orang kaya yang sering bepergian ke luar negeri.

“Perjalanan internasional atau antar negara ini biasanya akan dilakukan oleh orang yang memiliki uang. Karena orang yang miskin belum tentu bisa pergi ke antar negara. Mayoritas yang positif virus corona adalah orang kaya. Jadi jika Anda kaya, maka Anda akan berisiko terkena coronavirus. Tapi jika Anda miskin, maka tidak,” urai Barbosa.

Sama halnya, pernyataan Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, juga menuai kontra dan banyak dikritik orang. Ketika COVID-19 mulai menyebar ke seluruh dunia, Andres Manuel tidak mempraktikkan social distancing dan meremehkan ancaman dari pandemi ini. Ia justru menyuruh orang-orang untuk keluar rumah dan beraktivitas seperti biasanya.

Namun, pernyataannya ini pun ditarik kembali setelah kasus COVID-19 meningkat dua kali lipat sejak 20 Maret kemarin. ** Baca juga: Polisi di Newport Minta Warga yang Kehabisan Kertas Toilet Tidak Hubungi 911

Andres Manuel mendesak masyarakat untuk tetap berada di rumah dan tidak keluar ke jalanan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru