oleh

Gubernur DKI Jakarta Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Pandeglang

Kabar6- Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta memberikan bantuan untuk korban gempa bumi di Pandeglang. Bantuan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban di Pendopo Pandeglang, Senin (17/1/2022).

Ada 29 item yang dibawa dengan menggunakan 20 mobil kebencanaan. Tidak hanya logistik, BPBD Prov DKI Jakarta juga menurunkan personil Tim Respon Cepat (TRC) sebanyak 80 personil.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemprov DKI Jakarta untuk korban gempa di Pandeglang.

“Terimakasih atas bantuannya, salam dari kami untuk Bapak Gubernur, Wakil Gubernur dan para pejabat lainnya,”ungkap Tanto.

Menurut Tanto, bantuan yang banyak ini sangat bermanfaat sekali untuk warga Pandeglang yang terdampak gempa bumi beberapa hari lalu. “Dari 35 Kecamatan hampir 85% yang terdampak, kurang lebih ada 29 Kecamatan yang rumah nya rusak baik berat, sedang dan ringan,” terangnya.

Masih kata Tanto, pihaknya mengungkapkan pada bencana gempa bumi tidak memakan korban jiwa hanya rumah dan sarana prasarana saja yang roboh.

“Mungkin ini salah satu dampak mitigasi bencana yang setiap saat disosialisasikan, kita tau pandeglang daerah yang rawan bencana,”ujarnya.

“Kita akan terus lakukan mitigasi bencana agar masyarakat faham apa yang dilakukan jika bencana itu terjadi apalagi adanya issue megatrust,”sambungnya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana (Plt Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, penanganan kebencanaan adalah tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, kata Sabdo, saat dirinya mendapat tugas dari Gubernur DKI pihaknya langsung meluncur dengan tim.

“Saat ada instruksi Bapak Gubernur, kita langsung berangkat ke Pandeglang. Kita bawa 20 mobil bok kebencanaan berisi logistik dan 80 personil TRC. Kita bawa kasur, makanan, perlengkapan dapur, velbed, dan bahan lainnya sebanyak 29 item,”ujarnya.

**Baca juga: Pemkab Pandeglang Konfirmasi Ada Ribuan Bangunan Rusak Akibat Gempa

Setelah menyerahkan bantuan secara simbolis, menurut Sabdo kurnianto pihaknya bersama tim akan langsung menuju lapangan mendistribusikan bantuan.

“Kami ingin berbuat untuk warga, kami akan bantu bersihkan. Sekiranya ada lokasi kami akan dirikan tenda dan dapur umum di lokasi bencana,” pungkasnya.(aep)

Berita Terbaru