oleh

Groundbreaking Pembangunan Serang Panimbang Seksi 3, Luhut: Lembaran Baru Buat Banten

Kabar6- Peletakan batu pertama atau Groundbreaking pembangunan tol Serang- Panimbang seksi 3 (Cileles- Panimbang) dilakukan, Senin (8/8/2022).

Berdasarkan informasi, tol tersebut memiliki panjang 33 Km dengan kondisi sekarang masa persiapan konstruksi dengan target operasi Kuartal 2 Tahun 2024 mendatang.

Total panjang jalan tol Serang-Panimbang mencapai 83,67km. Jalan tol ini menelan investasi untuk konstruksi senilai Rp 10 83 Triliun dengan investasi Rp 8,58 Triliun.

Dalam Ground Breaking dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, PUPR Basuki Hadimuljono. Hadir juga pejabat Gubernur Banten Al Muktabar, Bupati Pandeglang Irna Narulita, dan sejumlah pejabat lain.

Adapun acara tersebut berlangsung di exit tol Panimbang, tepatnya di Kampung Solodengeun, Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang.

Luhut mengatakan, keberadaan tol Serang-Panimbang dapat memangkas waktu tempat dari Jakarta Panimbang yang hanya memakan waktu 2 hingga 3 jam saja. Disisi lain tol tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

**Baca juga: Tak Kunjung Bayar Sewa, Tiga Kios di Pasar Badak Pandeglang Disegel

“Waktu saya berpangkat kolonel saya ke Tanjung Lesung bersama istrinya, waktu hingga mencapai 5 jam naik mobil. Sekarang kalau lihat gambar tadi, maka ini akan membuat lembaran baru buat Banten,” kata Luhut.

Keberadaan tol ini merupakan pekerjaan besar bagi Kementerian PUPR, untuk itu, Luhut meminta pemerintah daerah di Banten untuk memanfaatkan keberadaan tol tersebut.(aep)