oleh

Green Bank Jadi Kota Tanpa Telepon Seluler, Wi-Fi atau Radio

Kabar6-Sebuah kota bernama Green Bank yang terletak di Pocahontas County, Virginia Barat, Amerika Serikat, memiliki ciri khas yang unik. Di sini tidak ada sinyal ponsel, tidak ada sinyal Wi-Fi, bahkan tidak ada gelombang radio dan televisi yang dapat ditangkap sama sekali.

Meskipun demikan, bukan berarti Green Bank tertinggal dalam hal teknologi. Dilansir Amusing Planet, di daerah ini terdapat salah satu teleskop radio terbesar di dunia yang bernama Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT), yang dioperasikan oleh National Radio Astronomy Observatory. GBT inilah alasan mengapa kota ini hening dari keramaian elektromagnetik.

Teleskop radio bekerja dengan mendeteksi gelombang elektromagnetik yang datang dari galaksi jauh. Sinyal ini begitu samar, sehingga emisi kecil gelombang radio dari gadget elektronik dapat mengganggu pembacaan teleskop radio.

Karena itulah semua ponsel, Wi-Fi, radio dan perangkat komunikasi lainnya dilarang di sini. Anda pun tidak akan menemukan menara ponsel di sekitar daerah ini, tidak ada musik diputar di radio atau sinetron di televisi. Bahkan, mobil berbahan bakar bensin tidak diperbolehkan karena mesin bensin menggunakan busi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara, dan bunga api listrik menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Batas-batas zona perangkat bebas meluas jauh melampaui Green Bank, seluas kurang lebih sama dengan 13 ribu mil persegi. Wilayah ini disebut Zona Hening Radio Nasional (Radio Nasional Quiet Zone), dan terletak di sekitar pedesaan yang jarang penduduknya yang melintasi perbatasan Virginia Barat, Virginia, dan Maryland.
Hampir semua jenis transmisi radio dan perangkat elektronik tertentu dilarang di sini agar Teleskop Radio Green Bank dapat bekerja tanpa gangguan. Green Bank merupakan komunitas yang paling dekat dengan Teleskop Radio tersebut.

Green Bank dihuni 140 penduduk. Anak-anak di kota tersebut bukanlah generasi gadget. Mereka benar-benar berbicara satu sama lain. Orang-orang pun saling menyapa satu sama lain dan meninggalkan pintu rumah mereka tidak terkunci. Jika mereka harus berbicara dengan seseorang di luar kota, mereka menggunakan telepon umum.

“Kami tidak menyadari bahwa seluruh dunia kini semakin terhubung dan tetap terhubung terus menerus, melalui telepon, internet dan lain-lain,” kata Caleb Diller, salah seorang warga yang dibesarkan di Pocahontas County, NPR. Ditambahkan, “Dalam hal itu, dibandingkan dengan daerah lain, kami seperti tinggal di waktu lampau.”

Selama beberapa tahun terakhir, banyak orang berdatangan dan tinggal di Green Bank. Orang-orang ini mengaku menderita hipersensitivitas elektromagnetik, atau EHS (penyakit tidak dikenali oleh komunitas ilmiah). Dikatakan, orang yang menderita EHS mendapatkan gejala seperti pusing, mual, ruam, denyut jantung tidak teratur, lemah, dan nyeri dada karena radiasi elektromagnetik.

“Hidup di sini memang tidak sempurna,” kata Diane Schou, salah satu imigran ‘electrosensitive’ pertama yang datang ke Green Bank dengan suaminya pada 2007 lalu.

“Tidak ada toko, tidak ada restoran, tidak ada rumah sakit yang dekat. Tapi di sini, setidaknya, saya merasa sehat. Saya bisa bekerja. Saya tidak di tempat tidur dengan sakit kepala sepanjang waktu,” urainya. ** Baca juga: Desa Tertinggi di Dunia Itu Bernama Kibber

Benar-benar kota paling tenang di dunia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru