oleh

Gongbang di Korea Selatan, Tren Siaran Langsung Belajar Berjam-jam

Kabar6-Ada tren baru yang sedang berkembang di Korea Selatan, disebut Gongbang. Tren ini adalah live streaming di mana orang-orang menyiarkan diri mereka belajar dalam keheningan total selama berjam-jam. Meskipun terdengar membosankan, tidak sedikit orang yang menjadi penonton setia acara acara tersebut.

Streamer Gongbang, seperti dilansir Odditycentral, hanya menyiarkan diri mereka belajar selama berjam-jam pada suatu waktu. Apa yang membuat orang mendengarkan dan menonton mereka belajar selama berjam-jam? Ternyata beberapa dari streamer gongbang melakukannya sebagai cara untuk membuktikan kepada orangtua bahwa mereka sedang belajar. Sementara yang lain memutuskan untuk menggunakannya sebagai alat motivasi diri, karena seseorang cenderung menjadi fokus ketika dia tahu dirinya sedang diawasi.

Popularitas live streaming yang tampak membosankan ini terkait erat dengan budaya Korea Selatan. Belajar bukanlah lelucon di negara ini, rata rata siswa dapat belajar hingga 18 jam sehari ketika menghadapi ujian penting, seperti masuk ke universitas.

Mereka semua berbagi konsep umum yang sama, seorang streamer yang belajar dengan tekun selama beberapa jam pada suatu waktu, dengan pengatur waktu menunjukkan seberapa banyak mereka telah belajar untuk selalu muncul di layar. Beberapa menunjukkan wajah mereka, sementara yang lain memilih untuk hanya menunjukkan tangan mereka, dan beberapa bermain musik, sementara yang lain lebih suka tenang dan sunyi untuk membantu pemirsa berkonsentrasi. ** Baca juga: Berani Coba Makanan & Minuman dari Kotoran Manusia Atau Hewan?

Paling tidak sudah lebih dari 4.000 video Gongbang asal Korea Selatan yang telah diunggah ke YouTube tahun ini. Dan jumlah mereka terus bertambah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru