oleh

Golput di Tangsel Kalahkan Suara Arsid

Kabar6-Angka warga yang punya hak pilih tapi ogah memanfaatkan hak suaranya alias golput di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), cukup signifikan.

 

 

Tak tanggung-tanggung, total presentasenya golput berada di urutan kedua klasemen sementara dari hasil hitung cepat atau Quick Count pada ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015.

 

Dari angka 938.245 orang yang terdaftar dan punya hak pilih pada perhelatan Pilkada Tangsel, sebanyak 38,9 persen memilih golput.

 

Angka tersebut berada di atas pasangan calon nomor urut 2 Arsid-Elvier Arridiannie Soedarto Poetri, yang hanya bisa meraih suara sebanyak 30,4 persen.

 

“Secara keseluruhan 61,81 persen DPT yang ada, dari 200 TPS sampel yang kami ambil, ” ungkap Manager Reserch Charta Politika, Muslimin, saat dihubungi wartawan lewat sambungan selularnya, Rabu (9/12/2015), malam.

 

Ditambahkannya, kemenangan paslon nomor urut 3 ini, merata di tujuh Kecamatan yang ada di Kota Tangsel. Kalau ditarik ke bawah, maka semua kecamatan di Kota Tangsel perolehan angka untuk pasangan calon nomor urut 3 menang 26.810 suara.

 

Diklaim, kemungkinan adanya perubahan data masuk sangat sedikit. “Ini rata di semua Kecamatan di Tangsel. Rata-rata 60 persen kemenangannya,” kata Dia. ** Baca juga: Hitung Cepat Sementara Airin-Benyamin 60,3 Persen

 

Menurutnya, dari 2.245 total TPS yang ada di Tangsel, 99,5 persen data yang masuk. Pasangan calon nomor urut 1. Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra meraih 10 persen suara, sedangkan nomor urut 2. Arsid- Elvier Ariadiani Soedarto Poetri hanya meraih 30,4 persen.

 

“Dengan 99 persen tingkat kepercayaan dan margin eror 1 persen, bisa dipastikan hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil perhitungan kami,” tutupnya. (yud)

Berita Terbaru