oleh

Gerhana Bulan, Masjid di Tangsel Serentak Gelar Shalat Khusyuf

Kabar6-Puluhan jamaah mengikuti shalat khusyuf bertepatan dengan gerhana bulan total yang berlangsung pada Rabu (08/10/2014), di Masjid Agung Al Mujahiddin, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Ritual atas fenomena alam ini dipastikan bisa disaksikan oleh warga karena serempak terjadi diberbagai daerah di Indonesia.

“Gerhana Bulan total akan berlangsung sejak pukul 15.14 – 20.25 WIB. Namun, periode totalitas hanya berlangsung selama satu jam, mulai 17.24 – 18.24 WIB,” ungkap Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kota Tangsel, Heli Slamet Soemardi lewat pesan broadcast BlackBerry yang diterima kabar6.com.

Imbauan untuk melaksanakan sholat gerhana bulan total juga telah disampaikan secara resmi kepada Pimpinan Daerah DKM Kota Tangsel. Mereka diharapkan dapat menfasilitasi ritual berjamaah.

Dalam khotbahnya, Muhammad Fuad, mengatakan, adanya fenomena alam gerhana bulan total, memberikan pesan kepada semua umat muslim untuk mampu menginstropeksi. Tentunya berkaitan dengan sikap dan prilaku yang selalu bersyukur atas nikmat dari Allah SWT.

“Gerhana bulan total merupakan fenomena alam yang menjadi sunatullah ciptaan Tuhan Yang Maha Eda. Bukan melihat dari dimensi sebagai benda gaib,” terangnya.

Diriwayatkan oleh Syafi’I dalam Al-Masnad, dikutip Fuad, umat muslim disunatkan pula bertakbir, berdoa, bersedekah dan mengucapkan istighfar ketika terjadi fenomena gerhana bulan total.

Ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Aisyah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda. **Baca juga: Terguling, Truk Besi Timpa Pengendara Motor di Cipondoh.

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua macam tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukanlah kematian seseorang atau kehidupannya. Maka jikalau kamu melihatnya, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, bersedekahlah serta bersembahyanglah,” kutipnya.(yud/rani)

Berita Terbaru