oleh

GeNose di Tempat Wisata Lebak Ditarget Bisa Digunakan saat Libur Lebaran

Kabar6-Alat tes untuk mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas atau GeNose akan disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak di sejumlah tempat wisata.

Alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada tersebut akan dipasang di Pantai Sawarna, Pantai Bagedur, Museum Multatuli, wisata adat Badui, pemandian air panas Tirta Lebak Buana, wisata Negeri di Atas Awan Gunung Luhur, dan kawasan wisata terpadu Hegarmanah Cibeber.

“Untuk kawasan Pantai Sawarna akan kami pasang dua unit di sana, karena memang wilayahnya yang luas,” kata Kabid Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak, Luli Agustina kepada Kabar6.com, Senin (3/5/2021).

Pemkab Lebak mengalokasikan anggaran Rp560 juta untuk membeli alat tes cepat Covid-19 tersebut. Pemkab akan memberikan unit GeNose ke tempat-tempat wisata tersebut berikut dengan 2 hepa filter dan 100 kantong nafas. Pengelola wisata juga akan terlebih dahulu mendapat pelatihan bagaimana menggunakan GeNose.

“Sekarang masih dalam proses lelang, mudah-mudahan targetnya saat libur Lebaran, alat itu sudah ada di masing-masing tempat wisata,” ujar Luli.

Pemakaian GeNose diharapkan akan mencegah penyebaran Covid-19 mengingat tempat-tempat wisata yang tetap buka saat libur Lebaran.

**Baca juga: H-5 Lebaran, Jalan di Kawasan Pasar Rangkasbitung Bakal Dibuat Satu Arah

“Tapi hal yang juga tidak kalah penting adalah pengelola dan pengunjung harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar wisata tetap aman dan nyaman. Kita bersama-sama cegah penularan Covid-19,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru