oleh

Generasi Milenial Miliki Kesehatan yang Lebih Buruk Dibanding Orangtua Mereka

Kabar6-Milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X). Tidak ada batas waktu yang pasti untuk awal dan akhir dari kelompok ini.

Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran.

Milenial pada umumnya adalah anak-anak dari generasi Baby Boomers dan Gen-X yang tua. Milenial kadang-kadang disebut sebagai ‘Echo Boomers’ karena adanya ‘booming’ (peningkatan besar) tingkat kelahiran pada 1980-an dan 1990-an.

Nah, beberapa dekade belakangan muncul fenomena baru di dunia kesehatan, di mana generasi milenial banyak yang mengidap penyakit serius seperti kanker, diabetes, bahkan jantung. Padahal, sebelumnya penyakit tersebut identik dengan orang yang sudah lanjut usia.

Laporan penelitian yang dilakukan oleh lembaga Health Foundation, melansir Womantalk, bahkan menyebut generasi milenial menjadi generasi pertama dengan kesehatan yang lebih buruk daripada orangtua mereka. Menurut laporan tersebut, dalam kurun waktu 30 tahun, mereka yang berusia 20-an dan 30-an berisiko lebih besar terhadap penyakit ‘gaya hidup’ seperti kanker, diabetes, dan jantung.

Masalah kesehatan yang dihadapi oleh generasi milenial sebagian besar disebabkan oleh stres jangka panjang, kecemasan, dan depresi yang mereka rasakan akibat jam kerja yang semakin panjang.

Semakin berkembangnya media sosial yang membuat orang lebih suka berteman di dunia maya tapi tidak di kehidupan nyata, juga disebut menjadi penyebab lainnya. Hal ini membuat orang sebenarnya lebih merasa kesepian karena kekurangan teman di dunia nyata.

Office for National Statistics di Inggris mengungkapkan bahwa akibat media sosial kaum milenial lebih cenderung menderita kesepian kronis daripada kelompok usia lainnya. Sedangkan, banyak penelitian membuktikan bahwa penelitian bisa menyebabkan penyakit serius bagi manusia. ** Baca juga: Apa Penyebab Miss V Berbau Tak Sedap?

Untuk itu, kaum milenial disarankan untuk lebih memperhatikan kesehatan mereka dan tidak menganggap sepele dampak dari buruk gaya hidup yang dijalani saat ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru