oleh

Gemar Konsumsi Kopi Bisa Tunda Penuaan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kabar gembira untuk Anda penggemar kopi. Studi tim peneliti dari Stanford University menjawab pertanyaan, mengapa peminum kopi cenderung hidup lebih lama ketimbang mereka yang tidak minum kopi.

Disebutkan, kafein yang terkandung dalam kopi bisa menangkal peradangan dalam proses menuju penuaan. Namun syaratnya, mengonsumsi tidak lebih dari lima cangkir sehari.

Penelitian yang didanai National Institute of Allergy and Infectious Diseases dan Ellison Medical Foundation ini, dikutip dari Aura, menjalani beberapa tahapan studi.

Pertama, menganalisis data dari lebih 100 partisipan tentang sampel darah dan sejarah medis keluarga, dengan ujuan untuk melihat proses penuaan. Hasilnya, peserta yang lebih tua memiliki kadar protein peradangan—disebut IL-1-beta—lebih tinggi ketimbang orang muda.

Dalam kelompok orang tua pun banyak yang memiliki kadar IL-1-beta sangat tinggi. Tim menambahkan kafein ke dalam sel imun tubuh manusia di atas cawan petri laboratorium bersama dengan protein yang dapat memicu peradangan. ** Baca juga: Benarkah Mandi Tidak Perlu Setiap Hari?

Hal yang menarik, kafein ternyata mencegah IL-1-beta menyebabkan inflamasi pada sel tubuh. Yuk, ngopi…(ilj/bbs)

Berita Terbaru