Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Gaya Rambut Amasunzu Lambangkan Status Pemiliknya
Gaya rambut Amasunzu.(medium)

Gaya Rambut Amasunzu Lambangkan Status Pemiliknya

Kabar6-Zaman sekarang ada banyak model rambut yang unik bahkan nyeleneh. Ya, rambut menjadi elemen penting untuk menunjang penampilan. Nah, salah satu model rambut yang tak biasa adalah amasunzu.

Gaya rambut unik ini, melansir Medium, berasal dari negara bagian Rwanda, Afrika Tengah. Amasunzu bagi masyarakat dianggap sebagai status bagi penggunanya. Disebutkan, ada perbedaan jika amasunzu digunakan oleh pria dan wanita. Bagaimana perbedaannya? Wanita yang menggunakan gaya rambut Amasunzu untuk melambangkan simbol atau status keperawanan, keanggunan, kerapian dan kedewasaan. Termasuk lebih mudah mengidentifikasi status, mengartikan bahwa mereka yang menggunakannnya belum menikah.

Amasunzu hanya digunakan bagi wanita yang masih perawan. Dan setelah menikah, wanita diperbolehkan untuk menggunakan gaya rambut bebas, yang disebut Uruhanika. Hal ini menunjukan rasa hormat untuk suami dan anak-anak mereka.

Sementara untuk pria, gaya rambut amansunzu melambangkan kekuatan, keberanian, pemimpin yang kuat, kaya, dan makmur. Gaya rambut ini biasanya digunakan oleh masyarakat yang dihormati, seperti pemimpin suku atau masyarakat yang memiliki status sosial lebih tinggi. Di kalangan para prajurit, amasunzu akan menunjukkan kekuatan, keberanian, dan kebangsawanan.

Disebutkan, ada lebih dari 30 gaya rambut Amasunzu. Butuh keterampilan khusus untuk mendapatkan gaya rambut ini, karena pemotongannya harus akurat. Sebenarnya, gaya rambut amasunzu bukan hanya untuk melambangkan status. Kaum muda yang menggunakan gaya rambut ini bertujuan untuk merealisasikan diri dan kebanggaan pada budaya Rwanda. ** Baca juga: Tekan Angka Obesitas, Pemerintah Inggris Minta Industri Makanan Kurangi Kadar Gula 20 Persen

Berminat meniru?(ilj/bbs)

Check Also

Kasihan, Kaki Seorang Bayi Hangus Gara-gara Pengering Rambut

Kabar6-Malang benar nasib seorang bayi asal Xincai, Provinsi Henan, Tiongkok, ini. Bayi berjenis kelamin laki-laki ...